Silabus Bahasa Jawa kelas V
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : V/I
Alokasi Waktu : 5 Pertemuan (10x35 menit)
Standart kompetensi : 1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung cerita wayang, drama dan ungkapan teman tentang kegembiraan
I. Mendengarkan
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
1. 2 | Mendengarkan pesan langsung atau lewat telepon Mendengarkan cerita rakyat | Teks pesan untuk disampaiakan ke pada orang lain Teks cerita rakyat | · Mencatat isi pokok pesan · Menyampaikan pesan yang diterima secara langsung dan tak langsung dengan menggunakan bahasa sendiri · Menyebutkan tokoh utama dan wataknya · Menceritakan kembali isi cerita secara singkat dengan menggunakan ragam bahasa tertentu | - Siswa dapat menjelaskan isi pesan yang didengarnya - Siswa dapat menuliskan isi pesan yang telah didengarnya - Siswa dapat menyampaikan isi pesan secara langsung kepada orang lain dengan bahasanya sendiri - Siswa dapat menyampaikan isi pesan secara tak langsung kepada orang lain dengan bahasanya sendiri - Siswa dapat mendengarkan alur cerita rakyat yang dibacakan oleh guru - Siswa dapat menjelaskan tokoh-tokoh utama dan watak dari pelaku - Siswa dapat menceritakan kembali secara singkat dengan bahasa tertentu tentang cerita rakyat yg didengarnya | 4 Jam 4 Jam | Test Tertulis Test Tertulis | Remen Bahasa Jawa V Erlangga Remen Bahasa Jawa V Erlangga |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
3 | Mendengarkan cerita tokoh wayang | Teks cerita wayang yang dibacakan | · Meringkas cerita dengan bahasa sendiri · Menyimpulkan isi cerita · Mencatat tokoh-tokoh pewayangan dan perwatakannya · Menceritakan kembali dengan bahasa sehari-hari | - Siswa dapat membuat cerita singkat dari cerita rakyat tersebut - Siswa dapat membuat kesimpulan isi cerita rakyat - Siswa dapat memberikan contoh tokoh-tokoh pewayangan - Siswa dapat menjelaskan watak-watak dari beberapa wayang - Siswa dapat menceritkan kembali bacaan tentang pewayangan yang pernah dibacanya | 2 Jam | Test Lesan | Remen Basa Jawa V Penerbit Erlangga |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : V/I
Alokasi Waktu : 5 Pertemuan (10x35 menit)
Standart kompetensi : 2. Mampu Mengungkapkan Pikiran Pendapat Gagasan dan Perasaan Secara Lisan Dengan Ragam Bahasa Tertentu
II. Berbicara
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
1 2 | Menanggapi suatu permasalahan dan memberikan saran atau jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut Melakukan wawancara dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa yang sesuai | Teks bacaan tentang suatu peristiwa Daftar pertanyaan untuk wawancara | · Menjelaskan suatu masalah atau peristiwa yang terjadi, secara runtut · Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dalam berbagai ragam bahasa · Menyimpulkan isi wawancara · Membuat daftar pertanyaan | - Siswa dapat menjelaskan terjadinya suatu peristiwa secara runtut - Siswa dapat menyebutkan pelaku-pelaku dalam peristiwa tersebut - Siswa dapat mengambil kesimpulan tentang peristiwa itu sampai terjadi - Siswa dapat menceritakan peristiwa dengan bahasanya sendiri - Siswa dapat menentukan isi dari wawancara yang akan dilaksanakan - Siswa dapat menjelaskan tujuan dari wawancara - Siswa dapat membuat daftar pertanyaan dengan kalimat yang mudah dimengerti oleh orang yang di wawancarai | 4 Jam 4 Jam | Test Lesan Test Tertulis | Majalah Jaya Baya Remen Bahasa Jawa V Penerbit Erlangga Remen Bahasa Jawa V Penerbit Erlangga Dari pengalaman siswa |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
3 | Menyusun laporan wawancara | Laporan hasil wawancara | · Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan · Melaporkan hasil wawancara dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang runtut secara lisan | - Siswa dapat melaksanakan wawancara sesuai dengan tujuan serta sesuai dengan daftar pertanyaan yang telah mereka susun - Siswa dapat membuat laporan hasil wawancara secara tertulis - Siswa dapat melaporkan hasil wawancara secara lisan dengan runtut dengan kalimat yang efektif | 2 Jam | Test Tertulis Test lisan | |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : V/I
Alokasi Waktu : 6 Pertemuan (12x35 menit)
Standart kompetensi : Mampu Membaca dan Memahami Ragam Teks Bacaan dengan Berbagai Teknik Membaca Cepat,
membaca bersuara, Membaca indah, Membaca huruf jawa
III. Membaca
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
1 2 | Membaca pemahaman Membaca bersuara | Teks bacaan cerita wayang Teks bacaan pidato | · Menjawab pertayaan bacaan · Menyimpulkan isi bacaan · Menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri/ragam tertentu · Membaca bersuara dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat · Menyimpulkan isi bacaan | - Siswa mampu membaca teks tentang cerita wayang dengan baik - Siswa dapat memahami isi bacaan cerita wayang - Siswa menyebutkan tokoh-tokoh wayang yang telah dibacanya - Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan tentang cerita wayang - Siswa mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan kata/bahasa sendiri - Siswa dapat membaca teks pidato dengan menggunakan lafal yang betul/tepat - Siswa dapat membaca teks pidato dengan intonasi yang tepat - Siswa dapat memahami isi bacaan - Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan | 4 Jam 4 Jam | Test Lesan Test Lesan | Remen Bahasa Jawa penerbit Erlangga Remen Bahasa Jawa penerbit Erlangga |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
3 | Membaca cepat | Teks bacaan dongeng | · Menjelaskan isi pidato · Membaca teks penjiwaan dan expresi yang sesuai dengan isi · Membaca intensif teks bacaan · Menjawab pertanyaan bacaan · Meringkas isi bacaan | - Siswa dapat menjelaskan isi pidato - Siswa dapat membacakan teks pidato yang menjiwai, dan mengutarakan dengan expresi yang sesuai dengan isi pidato - Siswa dapat membaca dengan lancar - Siswa dapat membaca dengan memperhatikan tanda baca dengan benar - Siswa dpat membaca dengan intonasi yang benar - Siswa dapat menjawab pertanyan bacaan dengan benar - Siswa dapat mencari pokok kalimat tiap-tipa alinea - Siswa dapat meringkas isi bacaan. | 4 Jam | Test lesan Test tertulis | Remen Bahasa Jawa penerbit Erlangga |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : V/I
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (8x 35 menit)
Standart kompetensi :. Mampu Menulis Karangan dengan Pikiran dalam Berbagai Ragam Bahasa dan Jenis Karangan
Tertentu Sesuai Kaidah Bahasa
IV. Menulis
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
1 1 | Menulis Karangan Menulis | Kerangka karangan | · Melengkapi karangan yang belum selesai · Menyusun karangan dengan kerangka karangan yang ada dalam ragam bahasa tertentu · Menulis | - Siswa dapat membaca/memahami karangan yang belum selesai - Siswa dapat menyusun kalimat-kalimat untuk melengkapi karangan yang belum selesai - Siswa mampu membuat kerangka karangan - Siswa dapat menyusun karangan yang sesuai dengan kerangka karangan yang telah dibuatnya - Siswa dapat menentukan kerangka - Siswa dapat memilih kata/kalimat untuk menentukan sebuah gagasan - Siswa dapat membuat | 4 Jam 2 Jam | Test tertulis | Majalah Jaya baya Pengalaman siswa |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
3 | Meringkas | Teks bacaan | · Meringkas bacaan dengan bahasa sehari-hari | - Siswa dapat memahami isi bacaan - Siswa dapat menentukan pokok-pokok kalimat tiap paragraf yang harus ditulis - Siswa dapat meringkas bacaan dengan pikiran pokok yang sesuai dengan isi bacaan dengan bahasa sehari-hari | 2 Jam | Test Tertulis | Buku cerita usaha siswa Remen Bahasa Jawa penerbit Erlangga |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran
Standart kompetensi : Mampu Mendengarkan dan Memahami Ragam Wacana Lisan Melalui MendengarkanPesan
Langsung Cerita Wayang, Drama dan Ungkapan TemanTentang Kegembiraan
I. Mendengarkan
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
4 5 | Mendengarkan percakapan /dialog Mendengarkan ungkapan teman tentang suatu peristiwa | Teks/kaset dialog Teks ungkapan/cerita teman tentang suatu peristiwa | · Menyebutkan nama tokoh dalam dialog/percakapan · Memerankan tokoh · Mengubah teks dialog menjadi narasi · Menyimpulkan isi dialog · Mengungkapkan kembali cerita atau ungkapan teman dalam ragam bahasa tertentu · Menyampaikan pertanyaan/tanggapan | - Siswa menyebutkan tokoh-tokoh dalam dialog/percakapan - Dengan bimbingan dan penjelasan gurusiswa memerankan tokoh pada teks dialog - Siswa mengubah teks dialog menjadi narasi - Dengan penjelasan seperlunya dari guru siswa menyimpulkan isi dialog - Dengan petunjuk dan penjelasan seperlunya dari guru siswa mengungkapkan kembali ceritaatau ungkapan teman dalam ragam bahasa tertentu - Dengan penjelasan guru siswa menyampaikan pertanyaan/tanggapan | 4 Jam 2 Jam | Lisan Dramatisasi Tertulis Tertulis Test Lisan | Bk Aku Seneng Basa Jawa 5 hal 52-53 Bk Aku Seneng Basa Jawa Yudhistira |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
| 6. Mengapresiasikan cerita anak 7. Mengapresiasikan tembang macapat atau geguritan. | Teks geguritan Tembang Macapat | · Menarik simpulan/pesan yang terkandung dalam cerita · Menyanyikan tembang macapat · Menceritakan isi tembang dengan bahasa sehari-hari · Memprosakan tembang | - Dengan pengarahan seperlunya dari guru siswa menarik simpulan /pesan yang terkandung dalam cerita - Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa menyanyikan tembang macapat - Dengan penjelasan guru siswa dapat menceritakan isi tembang dengan bahasa sehati-hari - Dengan penjelasan dan petunjuk guru siswa memprosakan tembang yang dinyanyikan tadi | 2 Jam 2 Jam | Tertulis Lisan Lisan Lisan | Bk Aku Seneng Basa Jawa 5 Yudhistira |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran
Standart kompetensi : Mampu Mengungkapkan Pikiran Pendapat Gagasan dan Perasaan Secara Lisan dengan Ragam
Bahasa Tertentu
II. Berbicara
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
4 5 | Berbicara Mendeskripsikan benda atau alat secara rinci dengan bahasa yang komunikatif dan kosa kata yang tepat Berbicara menanggapi persoalan faktual | Deskripsi benda/alat berdasarkan kebaikan dan kelemahannya Berita faktual | · Memberi komentar tentang kebaikan / kelemahan benda atau alat secar obyektifdengan bahasa yang komunikatif dan kata yang tepat · Membandingkan benda/alat berdasarkan kebaikan dan kelemahannya · Mengidentifikasi pokok persoalan yang dikemukakan teman · Mengajukan pertanyaan sesuai topik | - Dengan penjelasan dan bimbingan seperlunya dari guru siswa menyebutkan dari kegunaan, kelemahan serta kebaikan suatu benda dengan bahasa yang komunikatif dan kata yang tepat - Siswa membandingkan benda/alat berdasarkan kebaikan dan kelemahannya - Dengan petunjuk seperlunya dari guru siswa mengidentifikasi pokok persoalan yang dikemukakan teman - Siswa mengajukan pertanyaan sesuai dengan topik yang dibahas | 2 Jam 2 Jam | Tes lisan Tes tertulis Lisan Tertulis | Bk Aku Seneng Basa Jawa 5 Yudhistira hal 53-54 Bk Aku Seneng Basa Jawa 5 Yudhistira hal 89 |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
| Berbicara 6. Memerankan drama pendek atau bagian drama yang sesuai untuk anak | Teks dialog | · Menyimpulkan pokok persoalan · Menyampaikan pendapat/saran yang logis terhadap suatu persoalan secara lisan · Mengucapkan kalimat dialog dengan jelas dan lancar sesuai dengan lafal dan intonasi sesuai dengan karakter tokoh · Menyimpulkan watak tokoh · Memerankan tokoh sesuai dengan karekternya | - Dengan petunjuk dan penjelasan dari guru, siswa mampu menyimpulkan pokok persoalan - Melalui penjelasan guru siswa menyampaikan pendapat/saran yang logis terhadap suatu persoalan secara lisan - Siswa mengucapkan kalimat dialog dengan jelas dan lancar sesuai dengan lafal dan intonasi sesuai dengan karakter tokoh berdasarkan petunjuk guru - Dengan petunjuk guru siswa menyimpulkan watak tokoh - Siswa memerankan tokoh sesuai karakternya | 2 Jam | Lisan Perbuatan Dramatisasi | Bk Aku Seneng Basa Jawa 5 Yudhistira hal 66-67 |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran
Standart kompetensi : Mampu Membaca dan Memahami Ragam Teks Bacaan dengan Berbagai Tknik Membaca Cepat,
Membaca Bersuara, Membaca Indah, Membaca Huruf Jawa
III. Membaca
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
4 | Membaca Indah | Tembang Macapat Geguritan | · Menyanyikan tembang macapat dengan titi laras / not yang sesuai · Mengapresiasikan tembang macapat · Membaca geguritan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat · Menyimpulkan isi geguritan | - Setelah mendapatkan contoh dari guru siswa menyanyikan tembang macapat dengan titi laras / not yang sesuai - Dengan bimbingan guru siswa mengapresiasikan tembang macapat - Melalui contoh dari guru, siswa membaca geguritan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat - Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan isi geguritan | 2 Jam 2 Jam | Lisan Perbuatan Lisan Perbuatan | aku seneng basa jawa 5 Yudhisira hal 54-55 Aku Seneng Basa Jawa 5 Yudhisira hal 54-55 |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
5. | Membaca huruf jawa | Huruf jawa | · Membaca huruf jawa sesuai dengan lafal dan intonasi · Mentransliterasi ke dalam huruf latin | - Dengan bimbingan guru siswa membaca huruf jawa sesuai dengn lafal dan intonasi yang benar - Dengan penjelasan guru siswa menyalin dari huruf jawa kedalam huruf latin | 2 Jam | Lisan Tertulis | Aku Seneng Basa Jawa 5 Yudhisira hal 69-70 |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 8 Jam (2 x pertemuan)
Standart kompetensi : Mampu Menulis Karangan dengan Pikiran Dalam Berbagai Ragam Bahasa Dan Jenis Karangan Tertentu Sesuai Kaidah Bahasa
IV. Menulis
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
4. 5. | Menulis Menulis laporan hasil pelaksanaan tugas tertentu Menulis dialog percakapan | Laporan Kalimat langsung | · Menulis laporan pengamatan · Menulis kalimat langsung · Menulis dialog | - Dengan bimbingan dan penjelasan seperlunya dari guru siswa membuat laporan pengamatan - Melalui petunjuk dan contoh dari guru siswa menulis kalimat langsung sendiri - Dengan bimbingan dan petunjuk seperlunya dari guru, siswa menulis dialog | 4 jam (2x pertemuan) 4 Jam | Test Tertulis Tertulis | Buku Aku Seneng Basa Jawa S Yudhistira hal 56-57 |
mas, tlg buatkanm yag kelas 6 ya..?
BalasHapus