Silabus Bahasa Jawa kelas V

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa

Kelas / Semester : V/I

Alokasi Waktu : 5 Pertemuan (10x35 menit)

Standart kompetensi : 1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung cerita wayang, drama dan ungkapan teman tentang kegembiraan

I. Mendengarkan

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

1.

2

Mendengarkan pesan langsung atau lewat telepon

Mendengarkan cerita rakyat

Teks pesan untuk disampaiakan ke pada orang lain

Teks cerita rakyat

· Mencatat isi pokok pesan

· Menyampaikan pesan yang diterima secara langsung dan tak langsung dengan menggunakan bahasa sendiri

· Menyebutkan tokoh utama dan wataknya

· Menceritakan kembali isi cerita secara singkat dengan menggunakan ragam bahasa tertentu

- Siswa dapat menjelaskan isi pesan yang didengarnya

- Siswa dapat menuliskan isi pesan yang telah didengarnya

- Siswa dapat menyampaikan isi pesan secara langsung kepada orang lain dengan bahasanya sendiri

- Siswa dapat menyampaikan isi pesan secara tak langsung kepada orang lain dengan bahasanya sendiri

- Siswa dapat mendengarkan alur cerita rakyat yang dibacakan oleh guru

- Siswa dapat menjelaskan tokoh-tokoh utama dan watak dari pelaku

- Siswa dapat menceritakan kembali secara singkat dengan bahasa tertentu tentang cerita rakyat yg didengarnya

4 Jam

4 Jam

Test

Tertulis

Test

Tertulis

Remen Bahasa Jawa V Erlangga

Remen Bahasa Jawa V Erlangga

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

3

Mendengarkan cerita tokoh wayang

Teks cerita wayang yang dibacakan

· Meringkas cerita dengan bahasa sendiri

· Menyimpulkan isi cerita

· Mencatat tokoh-tokoh pewayangan dan perwatakannya

· Menceritakan kembali dengan bahasa sehari-hari

- Siswa dapat membuat cerita singkat dari cerita rakyat tersebut

- Siswa dapat membuat kesimpulan isi cerita rakyat

- Siswa dapat memberikan contoh tokoh-tokoh pewayangan

- Siswa dapat menjelaskan watak-watak dari beberapa wayang

- Siswa dapat menceritkan kembali bacaan tentang pewayangan yang pernah dibacanya

2 Jam

Test

Lesan

Remen Basa Jawa V

Penerbit Erlangga

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa

Kelas / Semester : V/I

Alokasi Waktu : 5 Pertemuan (10x35 menit)

Standart kompetensi : 2. Mampu Mengungkapkan Pikiran Pendapat Gagasan dan Perasaan Secara Lisan Dengan Ragam Bahasa Tertentu

II. Berbicara

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

1

2

Menanggapi suatu permasalahan dan memberikan saran atau jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut

Melakukan wawancara dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa yang sesuai

Teks bacaan tentang suatu peristiwa

Daftar pertanyaan untuk wawancara

· Menjelaskan suatu masalah atau peristiwa yang terjadi, secara runtut

· Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dalam berbagai ragam bahasa

· Menyimpulkan isi wawancara

· Membuat daftar pertanyaan

- Siswa dapat menjelaskan terjadinya suatu peristiwa secara runtut

- Siswa dapat menyebutkan pelaku-pelaku dalam peristiwa tersebut

- Siswa dapat mengambil kesimpulan tentang peristiwa itu sampai terjadi

- Siswa dapat menceritakan peristiwa dengan bahasanya sendiri

- Siswa dapat menentukan isi dari wawancara yang akan dilaksanakan

- Siswa dapat menjelaskan tujuan dari wawancara

- Siswa dapat membuat daftar pertanyaan dengan kalimat yang mudah dimengerti oleh orang yang di wawancarai

4 Jam

4 Jam

Test

Lesan

Test Tertulis

Majalah Jaya Baya

Remen Bahasa Jawa V Penerbit Erlangga

Remen Bahasa Jawa V Penerbit Erlangga

Dari pengalaman siswa

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

3

Menyusun laporan wawancara

Laporan hasil wawancara

· Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan

· Melaporkan hasil wawancara dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang runtut secara lisan

- Siswa dapat melaksanakan wawancara sesuai dengan tujuan serta sesuai dengan daftar pertanyaan yang telah mereka susun

- Siswa dapat membuat laporan hasil wawancara secara tertulis

- Siswa dapat melaporkan hasil wawancara secara lisan dengan runtut dengan kalimat yang efektif

2 Jam

Test Tertulis

Test lisan

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa

Kelas / Semester : V/I

Alokasi Waktu : 6 Pertemuan (12x35 menit)

Standart kompetensi : Mampu Membaca dan Memahami Ragam Teks Bacaan dengan Berbagai Teknik Membaca Cepat,

membaca bersuara, Membaca indah, Membaca huruf jawa

III. Membaca

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

1

2

Membaca pemahaman

Membaca bersuara

Teks bacaan cerita wayang

Teks bacaan pidato

· Menjawab pertayaan bacaan

· Menyimpulkan isi bacaan

· Menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri/ragam tertentu

· Membaca bersuara dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat

· Menyimpulkan isi bacaan

- Siswa mampu membaca teks tentang cerita wayang dengan baik

- Siswa dapat memahami isi bacaan cerita wayang

- Siswa menyebutkan tokoh-tokoh wayang yang telah dibacanya

- Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan tentang cerita wayang

- Siswa mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan kata/bahasa sendiri

- Siswa dapat membaca teks pidato dengan menggunakan lafal yang betul/tepat

- Siswa dapat membaca teks pidato dengan intonasi yang tepat

- Siswa dapat memahami isi bacaan

- Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan

4 Jam

4 Jam

Test

Lesan

Test

Lesan

Remen Bahasa Jawa

penerbit Erlangga

Remen Bahasa Jawa

penerbit Erlangga

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

3

Membaca cepat

Teks bacaan dongeng

· Menjelaskan isi pidato

· Membaca teks penjiwaan dan expresi yang sesuai dengan isi

· Membaca intensif teks bacaan

· Menjawab pertanyaan bacaan

· Meringkas isi bacaan

- Siswa dapat menjelaskan isi pidato

- Siswa dapat membacakan teks pidato yang menjiwai, dan mengutarakan dengan expresi yang sesuai dengan isi pidato

- Siswa dapat membaca dengan lancar

- Siswa dapat membaca dengan memperhatikan tanda baca dengan benar

- Siswa dpat membaca dengan intonasi yang benar

- Siswa dapat menjawab pertanyan bacaan dengan benar

- Siswa dapat mencari pokok kalimat tiap-tipa alinea

- Siswa dapat meringkas isi bacaan.

4 Jam

Test lesan

Test tertulis

Remen Bahasa Jawa

penerbit Erlangga

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa

Kelas / Semester : V/I

Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (8x 35 menit)

Standart kompetensi :. Mampu Menulis Karangan dengan Pikiran dalam Berbagai Ragam Bahasa dan Jenis Karangan

Tertentu Sesuai Kaidah Bahasa

IV. Menulis

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

1

1

Menulis Karangan

Menulis surat yang berisi pendapat atau gagasan (argumentasi)

Kerangka karangan

Surat

· Melengkapi karangan yang belum selesai

· Menyusun karangan dengan kerangka karangan yang ada dalam ragam bahasa tertentu

· Menulis surat kepada teman tentang sebuah gagasan

- Siswa dapat membaca/memahami karangan yang belum selesai

- Siswa dapat menyusun kalimat-kalimat untuk melengkapi karangan yang belum selesai

- Siswa mampu membuat kerangka karangan

- Siswa dapat menyusun karangan yang sesuai dengan kerangka karangan yang telah dibuatnya

- Siswa dapat menentukan kerangka surat

- Siswa dapat memilih kata/kalimat untuk menentukan sebuah gagasan

- Siswa dapat membuat surat untuk teman tentang sebuah gagasan

4 Jam

2 Jam

Test tertulis

Majalah Jaya baya

Pengalaman siswa

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

3

Meringkas

Teks bacaan

· Meringkas bacaan dengan bahasa sehari-hari

- Siswa dapat memahami isi bacaan

- Siswa dapat menentukan pokok-pokok kalimat tiap paragraf yang harus ditulis

- Siswa dapat meringkas bacaan dengan pikiran pokok yang sesuai dengan isi bacaan dengan bahasa sehari-hari

2 Jam

Test

Tertulis

Buku cerita usaha siswa

Remen Bahasa Jawa

penerbit Erlangga

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa

Kelas / Semester : V/II

Alokasi Waktu : 10 Jam Pelajaran

Standart kompetensi : Mampu Mendengarkan dan Memahami Ragam Wacana Lisan Melalui MendengarkanPesan

Langsung Cerita Wayang, Drama dan Ungkapan TemanTentang Kegembiraan

I. Mendengarkan

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

4

5

Mendengarkan percakapan /dialog

Mendengarkan ungkapan teman tentang suatu peristiwa

Teks/kaset dialog

Teks ungkapan/cerita teman tentang suatu peristiwa

· Menyebutkan nama tokoh dalam dialog/percakapan

· Memerankan tokoh

· Mengubah teks dialog menjadi narasi

· Menyimpulkan isi dialog

· Mengungkapkan kembali cerita atau ungkapan teman dalam ragam bahasa tertentu

· Menyampaikan pertanyaan/tanggapan

- Siswa menyebutkan tokoh-tokoh dalam dialog/percakapan

- Dengan bimbingan dan penjelasan gurusiswa memerankan tokoh pada teks dialog

- Siswa mengubah teks dialog menjadi narasi

- Dengan penjelasan seperlunya dari guru siswa menyimpulkan isi dialog

- Dengan petunjuk dan penjelasan seperlunya dari guru siswa mengungkapkan kembali ceritaatau ungkapan teman dalam ragam bahasa tertentu

- Dengan penjelasan guru siswa menyampaikan pertanyaan/tanggapan

4 Jam

2 Jam

Lisan

Dramatisasi

Tertulis

Tertulis

Test

Lisan

Bk Aku Seneng Basa Jawa 5 hal 52-53

Bk Aku Seneng Basa Jawa

Yudhistira

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

6. Mengapresiasikan

cerita anak

7. Mengapresiasikan tembang macapat atau geguritan.

Teks geguritan

Tembang Macapat

· Menarik simpulan/pesan yang terkandung dalam cerita

· Menyanyikan tembang macapat

· Menceritakan isi tembang dengan bahasa sehari-hari

· Memprosakan tembang

- Dengan pengarahan seperlunya dari guru siswa menarik simpulan /pesan yang terkandung dalam cerita

- Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa menyanyikan tembang macapat

- Dengan penjelasan guru siswa dapat menceritakan isi tembang dengan bahasa sehati-hari

- Dengan penjelasan dan petunjuk guru siswa memprosakan tembang yang dinyanyikan tadi

2 Jam

2 Jam

Tertulis

Lisan

Lisan

Lisan

Bk Aku Seneng Basa Jawa 5

Yudhistira

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa

Kelas / Semester : V/II

Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran

Standart kompetensi : Mampu Mengungkapkan Pikiran Pendapat Gagasan dan Perasaan Secara Lisan dengan Ragam

Bahasa Tertentu

II. Berbicara

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

4

5

Berbicara

Mendeskripsikan benda atau alat secara rinci dengan bahasa yang komunikatif dan kosa kata yang tepat

Berbicara

menanggapi persoalan faktual

Deskripsi benda/alat berdasarkan kebaikan dan kelemahannya

Berita faktual

· Memberi komentar tentang kebaikan / kelemahan benda atau alat secar obyektifdengan bahasa yang komunikatif dan kata yang tepat

· Membandingkan benda/alat berdasarkan kebaikan dan kelemahannya

· Mengidentifikasi pokok persoalan yang dikemukakan teman

· Mengajukan pertanyaan sesuai topik

- Dengan penjelasan dan bimbingan seperlunya dari guru siswa menyebutkan dari kegunaan, kelemahan serta kebaikan suatu benda dengan bahasa yang komunikatif dan kata yang tepat

- Siswa membandingkan benda/alat berdasarkan kebaikan dan kelemahannya

- Dengan petunjuk seperlunya dari guru siswa mengidentifikasi pokok persoalan yang dikemukakan teman

- Siswa mengajukan pertanyaan sesuai dengan topik yang dibahas

2 Jam

2 Jam

Tes lisan

Tes tertulis

Lisan

Tertulis

Bk Aku Seneng Basa Jawa 5

Yudhistira hal 53-54

Bk Aku Seneng Basa Jawa 5

Yudhistira hal 89

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

Berbicara

6. Memerankan drama pendek atau bagian drama yang sesuai untuk anak

Teks dialog

· Menyimpulkan pokok persoalan

· Menyampaikan pendapat/saran yang logis terhadap suatu persoalan secara lisan

· Mengucapkan kalimat dialog dengan jelas dan lancar sesuai dengan lafal dan intonasi sesuai dengan karakter tokoh

· Menyimpulkan watak tokoh

· Memerankan tokoh sesuai dengan karekternya

- Dengan petunjuk dan penjelasan dari guru, siswa mampu menyimpulkan pokok persoalan

- Melalui penjelasan guru siswa menyampaikan pendapat/saran yang logis terhadap suatu persoalan secara lisan

- Siswa mengucapkan kalimat dialog dengan jelas dan lancar sesuai dengan lafal dan intonasi sesuai dengan karakter tokoh berdasarkan petunjuk guru

- Dengan petunjuk guru siswa menyimpulkan watak tokoh

- Siswa memerankan tokoh sesuai karakternya

2 Jam

Lisan

Perbuatan

Dramatisasi

Bk Aku Seneng Basa Jawa 5

Yudhistira hal 66-67

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa

Kelas / Semester : V/II

Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran

Standart kompetensi : Mampu Membaca dan Memahami Ragam Teks Bacaan dengan Berbagai Tknik Membaca Cepat,

Membaca Bersuara, Membaca Indah, Membaca Huruf Jawa

III. Membaca

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

4

Membaca Indah

Tembang Macapat

Geguritan

· Menyanyikan tembang macapat dengan titi laras / not yang sesuai

· Mengapresiasikan tembang macapat

· Membaca geguritan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat

· Menyimpulkan isi geguritan

- Setelah mendapatkan contoh dari guru siswa menyanyikan tembang macapat dengan titi laras / not yang sesuai

- Dengan bimbingan guru siswa mengapresiasikan tembang macapat

- Melalui contoh dari guru, siswa membaca geguritan dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat

- Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan isi geguritan

2 Jam

2 Jam

Lisan

Perbuatan

Lisan

Perbuatan

aku seneng basa jawa 5 Yudhisira hal 54-55

Aku Seneng Basa Jawa 5 Yudhisira hal 54-55

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

5.

Membaca huruf jawa

Huruf jawa

· Membaca huruf jawa sesuai dengan lafal dan intonasi

· Mentransliterasi ke dalam huruf latin

- Dengan bimbingan guru siswa membaca huruf jawa sesuai dengn lafal dan intonasi yang benar

- Dengan penjelasan guru siswa menyalin dari huruf jawa kedalam huruf latin

2 Jam

Lisan

Tertulis

Aku Seneng Basa Jawa 5 Yudhisira hal 69-70

SILABUS

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa

Kelas / Semester : V/II

Alokasi Waktu : 8 Jam (2 x pertemuan)

Standart kompetensi : Mampu Menulis Karangan dengan Pikiran Dalam Berbagai Ragam Bahasa Dan Jenis Karangan Tertentu Sesuai Kaidah Bahasa

IV. Menulis

No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

4.

5.

Menulis

Menulis laporan hasil

pelaksanaan tugas

tertentu

Menulis dialog

percakapan

Laporan

Kalimat langsung

· Menulis laporan pengamatan

· Menulis kalimat langsung

· Menulis dialog

- Dengan bimbingan dan penjelasan seperlunya dari guru siswa membuat laporan pengamatan

- Melalui petunjuk dan contoh dari guru siswa menulis kalimat langsung sendiri

- Dengan bimbingan dan petunjuk seperlunya dari guru, siswa menulis dialog

4 jam (2x pertemuan)

4 Jam

Test

Tertulis

Tertulis

Buku Aku Seneng Basa Jawa S Yudhistira hal 56-57

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus Bahasa Jawa Kelas VI

Program Penjaga Sekolah

Format Penilaian Kepribadian untuk Siswa SD