Silabus Bahasa Jawa Kelas VI
1. Mampu Mendengarkan Dan Memahami Ragam Wacana, Cakapan, Dongeng/Geguritan/Tembang dalam
Berbagai Ragam Bahasa (menyimak)
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
1.1 1.2 | Mendengarkan dan memahami percakapan tentang kegiatan di lingkungan keluarga Mendengarkan pembacaan pidato, sambutan/ceramah, berita televisi atau radio | Teks percakapan tentang kegiatan di rumah antara siswa dengan orang tua Teks pidato / sambutan / ceramah | · Memahami percakapan. Menguasai isi percakapan · Memahami isi pidato. Menemukan hal-hal penting dalam pidao | - Mengungkapkan isi percakapan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa ( Ngoko, basa krama ) - Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks pembicaraan. - Mengubah dialog menjadi bentuk narasi dalam bahasa sehari-hari - Menyebutkan pokok-pokok isi pidato/ sambutan/ceramah berita di televisi atau radio - Menuliskan pokok-pokok isi pidato/ sambutan/ceramah berita di televisi atau radio dalam ragam bahasa tertentu (ngoko, kromo) - Mengemukakan/menceritakan kembali isi pidato/sambutan/ceramah, berita di televisi atau radio dengan bahasa sehari-hari | 4 Jam 4 Jam | Lisan Lisan | Buku penunjang Buku penunjang |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
1.3 | Mendengarkan teks cerita anak | Teks cerita anak | · Mencari tokoh, latar dan tema cerita | - Mencatat sifat tokoh-tokoh dalam cerita - Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraph yang mendukung - Menentukan tema cerita - Menuliskan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri - Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri | 4 Jam | Lisan | Buku penunjang |
2. Mampu Mengungkapkan Pikiran Pendapat, Gagasan Dan Perasaan Secara Lisan dengan
Memperhatikan Berbagai Ragam Bahasa dan Unggah- Ungguh Bahasa yang Sesuai
( berbicara )
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
2.1 2.2 2.3 | Menceritakan hasil pengamatan dengan bahasa yang komunikatif dan runtut Menyampaikan pesan atau informasi yang diperoleh dari Mengkritisi sesuatu disertai alasan yang logis dengan menggunakan bahasa yang santun | Laporan hasil pengamatan Teks pesan atau informasi dari Ungkapan (kata rasa, kalimat) yg sesuai untuk mengkritisi | · Membaca hasil pengamatan · Memperoleh informasi dari hasil pengamatan · Memperoleh informasi dari orang lain · Memahami isi informasi · Memahami permasalahan · Menyampaikan kritikan dengan alasan yang masuk akal dengan bahasa yang santun | - Melaporkan hasil pengamatan secara tertulis maupun lisan - Menjelaskan secara rinci tertulis maupun lisan hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan komunikatif - Menyampaikan informasi dari - Menyampaikan kritikan dengan menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaan orang lain | 4 Jam 2 Jam 4 Jam | Lisan Lisan Tulis | Buku penunjang Buku penunjang Buku penunjang |
Teknik Membaca Cepat, Membaca Bersuara, dan Membaca Huruf Jawa ( membaca )
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
3.1 3.2 3.3 | Membaca pemahaman Membaca cepat Membaca bersuara | Teks bacaan Teks bacaan Dongeng | · Memahami isi bacaan · Menentukan tokoh, latar dan tema cerita · Membaca teks dengan kecepatan tertentu · Memahami penggunaan tanda baca · Menulis pokok dari cerita | - Menjawab pertanyaan bacaan - Menceritakan kembali isi bacaan - Meringkas isi bacaan - Membaca dengan lancar dan cepat teks bacaan - menjawab secara benar pertanyaan isi bacaan - Menulis pokok-pokok isi bacaan - Membaca dengan lafal, intonasi, dan penjiwaan/ekspresi yang tepat - Menceritakan kembali isi bacaan dengan runtut - Menyampaikan ringkasan bacaan secara tertulis maupun lisan dengan bahasa sehari-hari/ragam bahasa tertentu - Menyimpulkan isi bacaan secara tertulis maupun lisan | 4 Jam 2 Jam 2 Jam | Lisan Lisan Tulis | Buku penunjang Buku penunjang Buku penunjang |
Dengan Kaidah Penulisan Dan Unggah-Ungguh Yang Sesuai (menulis)
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
4.1 4.2 4.3 | Menulis naskah pidato/ sambutan yang berisi ajakan (persuasi) Meringkas bacaan Menulis | Naskah pidato Teks bacaan | · Membaca contoh pidato · Membuat naskah pidato · Menulis kata sukar · Mengartikan kata sukar · Menulis ringkasan bacaan dalam beberapa kalimat · Memahami contoh undangan · Menulis undangan | - Menyusun kerangka pidato/sambutan - Menulis naskah sambutan/pidato dengan memperhatikan bahasa yang komunikatif dan santun - Mencatat pokok-pokok isi bacaan - Membuat ringkasan bacaan dalam ragam bahasa tertentu - Menulis | 4 Jam 2 Jam 4 Jam | Lisan Tulis Tulis | Buku penunjang Buku penunjang Buku penunjang |
Tembang Dalam Berbagai Ragam Bahasa (mendengarkan)
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
5.1 5.2 | Mendengarkan sandiwara / drama melalui radio atau televisi Mendengarkan pembacaan geguritan | Teks sandiwara / drama Teks geguritan | · Mencari karakter tokoh dalam sandiwara / drama · Meringkas isi cerita sandiwara atau drama · Menceritakan kembali isi cerita sandiwara / drama dengan bahasanya sendiri · Menemukan dan mencatat amanat yang tertuang dalam geguritan · Menceritakan isi gegurit an dng bahasanya sendiri · Mengubah bentuk geguritan menjadi prosa | - Menyimak alur cerita - Menganalisa cerita - Mencatat tokoh-tokoh dalam sandiwara / drama - Menerangkan cerita - Menyusun cerita - Menceritakan kembali - Mendengarkan bacaan geguritan - Mencatat isi yang terkandung dalam geguritan - Menceritakan isi geguritan - Menyadur / mengubah bentuk geguritan menjadi gancaran (prosa | 4 Jam 2 Jam | Tes tertulis Tes lisan Tes perbuatan Tes Lisan Tes perbuatan | Buku Bahsa Jawa kelas 6 Buku bahasa jawa kelas 6 |
Memperhatikan Berbagai Ragam Bahasa dan Unggah-Ungguh Bahasa Yang Sesuai
(berbicara)
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
6.1 6.2 | Berpidato untuk acara-acara di sekolah Mementaskan drama pendek atau bagian drama yang sesuai untuk anak | Teks pidato Naskah drama anak | · Menulis teks pidato · Berpidato dengan lafal, intonasi dan kata yang tepat · Memerankan tokoh dalam naskah drama · Menceritakan isi naskah | - Memperhatikan cara berpidato - Mencatat bagian-bagian yang dianggap penting - Menirukan lafal, intonasi yang benar dan tepat - Mencatat alur cerita - Memahami sifat-sifat tokoh dalam drama - Pentas drama - Uji kompetensi | 2 Jam 2 Jam | Tes lisan Tes perbuatan Tes lisan Tes perbuatan | Buku Bahasa Jawa kelas 6 Buku Bahasa Jawa kelas 6 |
Membaca Cepat, Membaca Bersuara, Membaca Indah dan Membaca Huruf Jawa (membaca)
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
7.1 7.2 | Membaca indah Membaca huruf jawa | Geguritan Huruf jawa | · Mengekspresikan geguritan dengan lafal, intonasi dan penjiwaan yang sesuai · Mengungkapkan isi geguritan · Menjadi karangan bebas/prosa dengan bahasa sendiri · Membaca lancar huruf jawa dengan lafal dan intonasi yg tepat · Mentransliterasi bacaan kedalam huruf latin | - Menyimak isi geguritan - Mengubah bentuk geguritan menjadi karangan bebas dengan bahasa sendiri - Mendiskusikan isi geguritan - Mengekspresikan lafal, intonasi dan penjiwaan yang sesuai - Uji kompetensi - Mengenali huruf-huruf aksara jawa - Menerangkan/menyalin bacaan dari bacaan kedalam huruf latin - Membaca dari kata sampai dengan kalimat dengan benar - Uji kompetensi | 4 Jam 2 jam | Tes lisan Tes perbuatan Tes lisan Tes perbuatan Tes tertulis | Buku bahasa Jawa kelas 6 Buku bahasa Jawa kelas 6 |
dengan Kaidah Penulisan dan Unggah-Ungguh (menuulis)
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
8.1 8.2 | Menulis Membuat parafrase | Teks geguritan | · Menulis · Mengubah geguritan kedalam bentuk prosa sederhana dalam ragam bahasa tertentu | - Mendengarkan keterangan mengenai susunan - Membuat - Uji kompetensi - Menyimak keterangan geguritan - Menerngkan isi geguritan - Menyadur isi geguritan kedalam bentuk prosa | 4 Jam 2 Jam | Tes tertulis Tes perbuatan Tes tertulis Tes lisan | Buku bahasa jawa kelas 6 Buku Bahasa Jawa kelas 6 |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber |
9.1 9.2 | Mengapresiasikan cerita anak Mengapresiasi mocopat atau geguritan | Teks cerita anak teks tembang mocopat | · Menarik kesimpulan atau pesan yang terkandung dalam cerita] · Menjelaskan watak tokoh dalam cerita secara lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri · Menyanyikan tembang mocopat · Menceritakan dan menuliskan isi tembang mocopat serta wataknya | - Menyimak cerita anak - Menceritakan isi cerita - Mengenali tokoh-tokoh cerita - Menyusun cerita lisan / tertulis dengan bahasa sendiri - Uji kompetensi - menyimak isi tembang / geguritan - Menceritakan isi / watak tembang - Secara bersama-sama melagukan tembang | 4 Jam 2 Jam | Tes lisan Tes tertulis Tes perbuatan Tes lisan Tes tertulis Tes perbuatan | Buku Bahasa Jawa kelas 6 Buku Bahasa Jawa kelas 6 |
Terima kasih Pak Syukur Hadi saya sedang belajar buka scribd
BalasHapuspas browsing basa jawa. Semoga bermanfaat
terima kasih pak, RPP juga ya pak
BalasHapus