Silabus Bahasa Jawa Kelas VI

SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
1. Mampu Mendengarkan Dan Memahami Ragam Wacana, Cakapan, Dongeng/Geguritan/Tembang dalam
Berbagai Ragam Bahasa (menyimak)
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
1.1
1.2
Mendengarkan dan memahami percakapan tentang kegiatan di lingkungan keluarga
Mendengarkan pembacaan pidato, sambutan/ceramah, berita televisi atau radio
Teks percakapan tentang kegiatan di rumah antara siswa dengan orang tua
Teks pidato / sambutan / ceramah
· Memahami percakapan. Menguasai isi percakapan
· Memahami isi pidato. Menemukan hal-hal penting dalam pidao
- Mengungkapkan isi percakapan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa ( Ngoko, basa krama )
- Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks pembicaraan.
- Mengubah dialog menjadi bentuk narasi dalam bahasa sehari-hari
- Menyebutkan pokok-pokok isi pidato/ sambutan/ceramah berita di televisi atau radio
- Menuliskan pokok-pokok isi pidato/ sambutan/ceramah berita di televisi atau radio dalam ragam bahasa tertentu (ngoko, kromo)
- Mengemukakan/menceritakan kembali isi pidato/sambutan/ceramah, berita di televisi atau radio dengan bahasa sehari-hari
4 Jam
4 Jam
Lisan
Lisan
Buku penunjang
Buku penunjang
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
1.3
Mendengarkan teks cerita anak
Teks cerita anak
· Mencari tokoh, latar dan tema cerita
- Mencatat sifat tokoh-tokoh dalam cerita
- Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraph yang mendukung
- Menentukan tema cerita
- Menuliskan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri
- Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri
4 Jam
Lisan
Buku penunjang
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
2. Mampu Mengungkapkan Pikiran Pendapat, Gagasan Dan Perasaan Secara Lisan dengan
Memperhatikan Berbagai Ragam Bahasa dan Unggah- Ungguh Bahasa yang Sesuai
( berbicara )
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
2.1
2.2
2.3
Menceritakan hasil pengamatan dengan bahasa yang komunikatif dan runtut
Menyampaikan pesan atau informasi yang diperoleh dari nara sumber
Mengkritisi sesuatu disertai alasan yang logis dengan menggunakan bahasa yang santun
Laporan hasil pengamatan
Teks pesan atau informasi dari nara sumber
Ungkapan (kata rasa, kalimat) yg sesuai untuk mengkritisi
· Membaca hasil pengamatan
· Memperoleh informasi dari hasil pengamatan
· Memperoleh informasi dari orang lain
· Memahami isi informasi
· Memahami permasalahan
· Menyampaikan kritikan dengan alasan yang masuk akal dengan bahasa yang santun
- Melaporkan hasil pengamatan secara tertulis maupun lisan
- Menjelaskan secara rinci tertulis maupun lisan hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
- Menyampaikan informasi dari nara sumber kepada orang lain se4cara lisan
- Menyampaikan kritikan dengan menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaan orang lain
4 Jam
2 Jam
4 Jam
Lisan
Lisan
Tulis
Buku penunjang
Buku penunjang
Buku penunjang

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
3. Mampu Membaca Dan Memahami Berbagai Ragam Teks Bacaan Dengan Menggunakan
Teknik Membaca Cepat, Membaca Bersuara, dan Membaca Huruf Jawa ( membaca )


No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
3.1



3.2





3.3
Membaca pemahaman


Membaca cepat





Membaca bersuara
Teks bacaan



Teks bacaan





Dongeng
·      Memahami  isi bacaan
·      Menentukan tokoh, latar dan tema cerita

·      Membaca teks dengan kecepatan tertentu




·      Memahami penggunaan tanda baca
·      Menulis pokok dari cerita
-  Menjawab pertanyaan bacaan
-  Menceritakan kembali isi bacaan
-  Meringkas isi bacaan

-  Membaca dengan lancar dan cepat teks bacaan
-  menjawab secara benar pertanyaan isi bacaan
-  Menulis pokok-pokok isi bacaan

-  Membaca dengan lafal, intonasi, dan penjiwaan/ekspresi yang tepat
-  Menceritakan kembali isi bacaan dengan runtut
-  Menyampaikan ringkasan bacaan secara tertulis maupun lisan dengan bahasa sehari-hari/ragam bahasa tertentu
-  Menyimpulkan isi bacaan secara tertulis maupun lisan
4 Jam



2 Jam





2 Jam
Lisan



Lisan





Tulis
Buku penunjang



Buku penunjang





Buku penunjang


Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
4. Mampu Menulis Karangan Dengan Pikiran Sendiri Dalam Berbagai Ragam Bahasa Jawa
Dengan Kaidah Penulisan Dan Unggah-Ungguh Yang Sesuai (menulis)

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
4.1
4.2
4.3
Menulis naskah pidato/ sambutan yang berisi ajakan (persuasi)
Meringkas bacaan
Menulis surat
Naskah pidato
Teks bacaan
Surat undangan
· Membaca contoh pidato
· Membuat naskah pidato
· Menulis kata sukar
· Mengartikan kata sukar
· Menulis ringkasan bacaan dalam beberapa kalimat
· Memahami contoh undangan
· Menulis undangan
- Menyusun kerangka pidato/sambutan
- Menulis naskah sambutan/pidato dengan memperhatikan bahasa yang komunikatif dan santun
- Mencatat pokok-pokok isi bacaan
- Membuat ringkasan bacaan dalam ragam bahasa tertentu
- Menulis surat undangan misal: perkawinan, khitanan, rapat dsb.
4 Jam
2 Jam
4 Jam
Lisan
Tulis
Tulis
Buku penunjang
Buku penunjang
Buku penunjang
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /Semester : VI / 2
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
5. Mampu Mendengarkan Dan Memahami Ragam Wacana kecakapan Dongeng / Geguritan /
Tembang Dalam Berbagai Ragam Bahasa (mendengarkan)
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
5.1
5.2
Mendengarkan sandiwara / drama melalui radio atau televisi
Mendengarkan pembacaan geguritan
Teks sandiwara / drama
Teks geguritan
· Mencari karakter tokoh dalam sandiwara / drama
· Meringkas isi cerita sandiwara atau drama
· Menceritakan kembali isi cerita sandiwara / drama dengan bahasanya sendiri
· Menemukan dan mencatat amanat yang tertuang dalam geguritan
· Menceritakan isi gegurit an dng bahasanya sendiri
· Mengubah bentuk geguritan menjadi prosa
- Menyimak alur cerita
- Menganalisa cerita
- Mencatat tokoh-tokoh dalam sandiwara / drama
- Menerangkan cerita
- Menyusun cerita
- Menceritakan kembali
- Mendengarkan bacaan geguritan
- Mencatat isi yang terkandung dalam geguritan
- Menceritakan isi geguritan
- Menyadur / mengubah bentuk geguritan menjadi gancaran (prosa
4 Jam
2 Jam
Tes tertulis
Tes lisan
Tes perbuatan
Tes Lisan
Tes perbuatan
Buku Bahsa Jawa kelas 6
Buku bahasa jawa kelas 6

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /Semester : VI / 2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
6. Mampu Mengungkapkan Pikiran, Pendapat Dan Perasaan Secara Lisan Dengan
Memperhatikan Berbagai Ragam Bahasa dan Unggah-Ungguh Bahasa Yang Sesuai
(berbicara)

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
6.1
6.2
Berpidato untuk acara-acara di sekolah
Mementaskan drama pendek atau bagian drama yang sesuai untuk anak
Teks pidato
Naskah drama anak
· Menulis teks pidato
· Berpidato dengan lafal, intonasi dan kata yang tepat
· Memerankan tokoh dalam naskah drama
· Menceritakan isi naskah
- Memperhatikan cara berpidato
- Mencatat bagian-bagian yang dianggap penting
- Menirukan lafal, intonasi yang benar dan tepat
- Mencatat alur cerita
- Memahami sifat-sifat tokoh dalam drama
- Pentas drama
- Uji kompetensi
2 Jam
2 Jam
Tes lisan
Tes perbuatan
Tes lisan
Tes perbuatan
Buku Bahasa Jawa kelas 6
Buku Bahasa Jawa kelas 6
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /Semester : VI / 2
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
7. Mampu Membaca Dan Memahami Berbagi Ragam Teks Bacaan Dengan Menggunakan Teknik
Membaca Cepat, Membaca Bersuara, Membaca Indah dan Membaca Huruf Jawa (membaca)

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
7.1
7.2
Membaca indah
Membaca huruf jawa
Geguritan
Huruf jawa
· Mengekspresikan geguritan dengan lafal, intonasi dan penjiwaan yang sesuai
· Mengungkapkan isi geguritan
· Menjadi karangan bebas/prosa dengan bahasa sendiri
· Membaca lancar huruf jawa dengan lafal dan intonasi yg tepat
· Mentransliterasi bacaan kedalam huruf latin
- Menyimak isi geguritan
- Mengubah bentuk geguritan menjadi karangan bebas dengan bahasa sendiri
- Mendiskusikan isi geguritan
- Mengekspresikan lafal, intonasi dan penjiwaan yang sesuai
- Uji kompetensi
- Mengenali huruf-huruf aksara jawa
- Menerangkan/menyalin bacaan dari bacaan kedalam huruf latin
- Membaca dari kata sampai dengan kalimat dengan benar
- Uji kompetensi
4 Jam
2 jam
Tes lisan
Tes perbuatan
Tes lisan
Tes perbuatan
Tes tertulis
Buku bahasa Jawa kelas 6
Buku bahasa Jawa kelas 6

Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas /Semester : VI / 2
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
8. Mampu Menulis Karangan Dengan Pikiran Sendiri Dalam Berbagai Ragam Bahasa Jawa
dengan Kaidah Penulisan dan Unggah-Ungguh (menuulis)

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
8.1
8.2
Menulis surat
Membuat parafrase
Surat undangan
Teks geguritan
· Menulis surat undangan misal: perkawinan, khitanan, rapat dan sebagainya
· Mengubah geguritan kedalam bentuk prosa sederhana dalam ragam bahasa tertentu
- Mendengarkan keterangan mengenai susunan surat
- Membuat surat undangan
- Uji kompetensi
- Menyimak keterangan geguritan
- Menerngkan isi geguritan
- Menyadur isi geguritan kedalam bentuk prosa
4 Jam
2 Jam
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes tertulis
Tes lisan
Buku bahasa jawa kelas 6
Buku Bahasa Jawa kelas 6
Kelas /Semester : VI / 2
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
9. Mampu Mengapresiasikan Sastra Jawa

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Penilaian
Sumber
9.1
9.2
Mengapresiasikan cerita anak
Mengapresiasi mocopat atau geguritan
Teks cerita anak
teks tembang mocopat
· Menarik kesimpulan atau pesan yang terkandung dalam cerita]
· Menjelaskan watak tokoh dalam cerita secara lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri
· Menyanyikan tembang mocopat
· Menceritakan dan menuliskan isi tembang mocopat serta wataknya
- Menyimak cerita anak
- Menceritakan isi cerita
- Mengenali tokoh-tokoh cerita
- Menyusun cerita lisan / tertulis dengan bahasa sendiri
- Uji kompetensi
- menyimak isi tembang / geguritan
- Menceritakan isi / watak tembang
- Secara bersama-sama melagukan tembang
4 Jam
2 Jam
Tes lisan
Tes tertulis
Tes perbuatan
Tes lisan
Tes tertulis
Tes perbuatan
Buku Bahasa Jawa kelas 6
Buku Bahasa Jawa kelas 6

Komentar

  1. Terima kasih Pak Syukur Hadi saya sedang belajar buka scribd
    pas browsing basa jawa. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. terima kasih pak, RPP juga ya pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Penjaga Sekolah

Format Penilaian Kepribadian untuk Siswa SD