RPP PKn Kelas V

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 01

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI

Kelas/Semester : V/ 2

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 35 menit)

Pelaksanaan : 4 dan 11 Januari 2010

Standar Kompetensi : 3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan pengertian berorganisasi

Indikator : - Mendeskripsikan pengertian organisasi.

- Menyebutkan unsur-unsur organisasi.

- Mendeskripsikan pembentukan organisasi.

I. Tujuan Pembelajaran

1. Menjelaskan pengertian organisasi.

2. Menyebutkan unsur-unsur organisasi.

3. Menjelaskan peranan unsur-unsur dalam organisasi.

4. Menyebutkan jabatan-jabatan dalam struktur organisasi

5. Menjelaskan tugas masing-masing jabatan dalam rganisasi.

6. Memberikan contoh struktur suatu organisasi.

7. Menjelaskan latar belakang pembentukan organisasi.

8. Menjelasan langkah-langkah pembentukan organisasi.

9. Menjelaskan ciri-ciri organisasi yang baik.

II. Materi Pokok Pembelajaran

1. Pengertian Organisasi

2. Unsur-unsur dalam Organisasi

3. Cara Berorganisasi

III. Metode Pembelajaran

1. Diskusi 4. Pengamatan

2. Ceramah 5. Peragaan

3. Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

1. Kegiatan Awal

a. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.

b. Guru menginformasikan tentang kegiatan-kegiatn yang akan dilakukan dalam pembelajaran.

c. Tanya jawab seputar organisasi.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pengertian organsasi..

b. Siswa betanya jawab dengan guru tentang unsur-unsur organisasi.

c. Siswa betanya jawab dengan guru tentang peranan unsur-unsur dalam organisasi.

d. Siswa dengan bimbingan guru menyelesaikan lembar kerja siswa tentang struktur

e. Siswa dengan bimbingan guru membahas hasil kerja kelompok..

3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.

b. Peserta didik diberikan tugas mengerjakan tes formatif.

c. Penilaian dan analiss nilai tes formatif.

d. Tindakk lanjut.

Pertemuan Ke-2.

1. Kegiatan Awal

a. Presensi

a. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.

b. Guru menginformasikan tentang kegiatan-kegiatn yang akan dilakukan dalam pembelajaran.

c. Tanya jawab materi pelajaran pertemuan sebelumnya.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang latar belakang pembentukan organisasi.

b. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang langkah-langkah pembentukan organisasi.

c. Siswa dengan bimbingan guru menyelesaiakan lembar kerja tentang ciri-ciri organisasi secara kelompokk.

3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.

b. Peserta didik diberikan tugas mengerjakan tes formatif.

c. Penilaian dan analiss nilai tes formatif.

d. Tindakk lanjut.

V. Alat dan Sumber Belajar

1. Buku Mari Belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/ MI Kelas V, Najib Sulhan,dkk, BSE, Pusat Perbukuan Depdiknas, 2008

2. Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/ MI Kelas V, Setiati Widihastuti,dkk, BSE, Pusat Perbukuan Depdiknas, 2008

3. Buku yang relevan

VI. Penilaian

-Bentuk tes : Lisan dan tertulis

-Jenis tes : obyektif dan suyektif

-Instrumen tes : pada bank soal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus Bahasa Jawa Kelas VI

Program Penjaga Sekolah

Format Penilaian Kepribadian untuk Siswa SD