RPP IPS Kelas V

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 01

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester : V/2

Pertemuan Ke : 1,2 dan 3

Alokasi Waktu : 9 x 35 menit

Pelaksanaan : 7, 14 dan 21 Januari 2010

Standar Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam

mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa

penjajahan Belanda dan Jepang

Indikator : 1. Mendeskripsikan kedatangan dan penjajahan Belanda.

2. Menjelaskan pemerintah kolonial Belanda.

3. Menceritakan kedatangan dan penjajahan bangsa Jepang.

4. Mendeskripsikan peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dalam mempersatukan Bangsa Indonesia.

1. Tujuan Pembelajaran

1. Menceritakan penderitaan rakyat di bawah penjajahan Belanda

2. Menjelaskan bentuk-bentuk perlawanan terhadap penjajahan Belanda.

3. Menyebutkan tokoh-tokoh pejuang pemimpin perlawanan terhadap penjajahan Belanda.

4. Menceritakan penderitaan rakyat di bawah penjajahan Jepang

5. Mencertakan bentuk-bentuk perlawanan terhadap penjajahan Jepang.

6. Menyebutkan tokoh-tokoh pejuang pemimpin perlawanan terhadap penjajahan Jepang.

7. Menyebutkan tokoh-tokoh penting pergerakan nasional.

8. Menjelaskan peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dalam mempersatukan Bangsa Indonesia.

9. Menjelaskan isi Sumpah Pemuda 28 Oktber 1928 .

10.Menyeutkan tokoh-tokoh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

II. Materi Pokok

Perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

III. Metode Pembelajaran

Tanya jawab, diskusi, penugasan, ceramah bervariasi, demonstrasi.

IV. Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

a. Kegiatan Awal

1. Penyampaian tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akkan dilaksanakan.

2. Guru melakukan tanya jawab tentang tokoh-tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda.

b. Kegiatan Inti

1) Guru menjelaskan kepada siswa materi tentang kedatangan bangsa Eropa di Indonesia.

2) Bersama siswa, guru membahas kongsi dagang yang didirikan Belanda, yaitu VOC.

3) Guru meminta siswa untuk membaca kisah perlawanan tokoh-tokoh daerah dalam

menghadapi VOC pada buku materi.

4) Guru meminta siswa untuk menceritakan perlawanan tokoh daerah menghadapi VOC,

misalnya Sultan Agung Hanyakrakusuma di depan kelas.

5) Guru menugaskan siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan kekuasaan pemerintah kolonial Belanda di Indonesia.

6) Siswa mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.

c. Kegiatan Akhir

1) Pemantapan simpulan siswa.

2) Melakukan penilaian tertulis, penialaian dan analisis nilai.

3) Tindak lanjut.

Pertemuan Ke-2

a. Kegiatan Awal

1. Penyampaian tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akkan dilaksanakan.

2. Guru melakukan tanya jawab materi pelajaran pertemuan sebelumnya.

b. Kegiatan Inti

1) Guru menjelaskan kepada siswa materi tentang kedatangan bangsa Jepang di Indonesia.

2) Bersama siswa, guru membahas penjajahan bangsa Jepang dan perjuangan melawan penjajahan Jepang.

3) Guru meminta siswa untuk membaca materi mengenai Penjajahan Jepang.

4) Guru menugaskan siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan kekuasaan

penjajah Jepang di Indonesia.

5) Siswa mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.

c. Kegiatan Akhir

1) Pemantapan simpulan siswa.

2) Melakukan penilaian tertulis, penialaian dan analisis nilai.

3) Tindak lanjut.

Pertemuan ke-3

a. Kegiatan Awal

1. Penyampaian tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

2. Guru melakukan tanya jawab tentang materi pelajaran sebelumnya.

b. Kegiatan Inti

1) Guru menjelaskan secara singkat tentang Peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

dalam Mempersatukan Bangsa Indonesia

2) Guru meminta siswa untuk membaca peristiwa sekitar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

3) Guru menugaskan siswa secara berkelompok untuk mendiskusikan tetang Peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

5) Siswa mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.

c. Kegiatan Akhir

1) Pemantapan simpulan siswa.

2) Melakukan penilaian tertulis, penialaian dan analisis nilai.

3) Tindak lanjut.

5. Sarana dan Sumber Belajar

a. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI kelas V,Endang Susilaningsiih,dkk, BSE, Pusat Perbukuan Depdiknas.

b. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial 5 Untuk Sd/Mi Kelas 5, Siti Syamsiyah,dkk, BSE, Pusat Perbukuan Depdiknas.

c. Gambar para pahlawan pada masa penjajahan Belanda., Jepang dan Masa Sumpah Pemuda.

6. Penilaian

1. Bentuk tes : Lisan dan tertulis

2. Jenis tes : obyektif dan suyektif

Instrumen tes : pada bank soal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus Bahasa Jawa Kelas VI

Program Penjaga Sekolah

Format Penilaian Kepribadian untuk Siswa SD