RPP Bahasa Indonesia Kelas V

Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) 01

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : V/2

Pertemuan Ke- : 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

Alokasi Waktu : 15 X 35 menit

Standar Kompetensi : 5.Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yan disampaikan secara lisan.

6.Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dengan diskusi dan bermain drama.

7.Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.

8.Mengungkapkan pikiran, perasan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.

Kompetensi Dasar : 5.2.Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)

6.1.Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memerhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.

7.2.Menemukan informasi secara cepat dari berbagi teks khusus (buku petunjuk tepon, jadwal pelajaran, daftar susunan acara, dll.).

8.3.Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.

Indikator : Mampu

1. menyebutkan tokoh-tokoh dan sifatnya dalam cerita yang didengar; menemukan latar cerita; menemukan tema dan amanat cerita; menanggapi isi cerita.

2. menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi dengan runtut; menanggapi persoalan-persoalan faktual; mendaftar persoalan-persoalan faktual yang terjadi di sekitar rumah; memahami kalimat majemuk.

3. menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan; menjelaskan jadwal dalam bentuk uraian.

4. menetukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman; menulis puisi berdasarkan gagasan pokok; memahami isi puisi; menceritakan kembali isi puisi dengan kalimat sendiri; memberi tanggapan isi puisi.

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini, siswa mampu

1. menjelaskan tokoh, tema, latar, dan amanat cerita;

2. menanggapi isi cerita.

3. menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi dengan runtut;

4. memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.

5. menemukan secara cepat and tempat informasi yang diperlukan atau yang diminta oleh guru;

6. menjelaskan jadwal dalam bentuk uraian.

7. menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman;

8. menulis puisi berdasarkan gagasan pokok.

II. Materi Ajar

- Cerita

- Jadwal penerbangan

- Puisi

- Langkah-langkah menulis puisi

III. Metode pembelajaran.

- Contoh

- Tanya jawab

- Latihan

- Penugasan

- Inkuiri

- Diskusi kelompok

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1

A. Kegiatan Awal

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.

- Bertanya jawab tentang manfaat mendengarkan cerita.

B. Kegiatan Inti

- Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru (teks mendengarkan 6.1)

- Siswa menyimpulkan tokoh dan wataknya disertai bukti penggalan cerita.

- Siswa mengidentifikasi latar cerita.

- Siswa menjelaskan amanat cerita.

- Siswa mendiskusikan tema cerita dengan teman sebangku.

- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.

- Siswa memerankan adegan cerita.

C. Kegiatan Akhir

- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.

- Guru dan siswa membuat kesimpulan.

Pertemuan ke-2

A. Kegiatan Awal

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.

- Bertanya jawab tentang masalah faktual.

B. Kegiatan Inti

- Siswa dan guru bertanya jawab tentang berbagai persoalan faktual yang terjadi di sekitar.

- Guru memberikan contoh persoalan faktual dan cara menanggapinya.

- Siswa mengidentifikasi persoalan dalam gambar.

C. Kegiatan Akhir

- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.

- Guru dan siswa membuat kesimpulan.

Pertemuan ke-3

A. Kegiatan Awal

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.

- Bertanya jawab tentang materi pelajaran sebelumnya.

B. Kegiatan Inti

- Siswa menanggapi persoalan pada gambar disertai alasan.

- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.

- Mempelajari materi kebahasaan (kalimat majemuk).

C. Kegiatan Akhir

- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.

- Guru dan siswa membuat kesimpulan.

Pertemuan ke-4

A. Kegiatan Awal

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.

- Bertanya jawab tentang pentingnya mengetahui jadwal.

B. Kegiatan Inti

- Siswa memerhatikan contoh jadwal penerbangan.

- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang didektekan guru dan hanya diberi waktu 5 detik (teks mendengarkan 6.3)

- Siswa membuat pertanyaan lain tentang jadwal penerbangan pesawat tersebut.

- Siswa menceritakan jadwal penerbangan tersebut kepada teman.

- Mengerjakan latihan sesuai dengan instruksi pada buku siswa.

- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa sesuai petunjuk pada buku siswa.

C. Kegiatan Akhir

- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.

- Guru dan siswa membuat kesimpulan.

Pertemuan ke-5

A. Kegiatan Awal

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.

- Bertanya jawab tentang puisi.

B. Kegiatan Inti

- Siswa mengamati sebuah puisi yang ditunjukkan guru.

- Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi puisi.

- Siswa menceritakan kembali puisi dengan bahasa sendiri.

C. Kegiatan Akhir

- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.

- Guru dan siswa membuat kesimpulan.

Pertemuan ke-6

A. Kegiatan Awal

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.

- Bertanya jawab tentang langkah-langkah menulis puisi.

B. Kegiatan Inti

- Mengerjakan latihan sesuai dengan instruksi pada buku siswa.

- Membuat kreasi berbentuk puisi.

- Mempelajari kamus mini.

C. Kegiatan Akhir

- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.

- Guru dan siswa membuat kesimpulan.

V. Sumber/Bahan/Alat

- Cerita

- Bahasa Indonesia untuk SD Kelas V, Umri Nur’aini dan Indriyani, BSE, Pusat Perbukuan Depdiknas.

- Buku lain yang relefan.

VI. Penilaian

-Bentuk tes : Lisan dan tertulis

-Jenis tes : obyektif dan suyektif

-Instrumen tes : pada bank soal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus Bahasa Jawa Kelas VI

Program Penjaga Sekolah

Format Penilaian Kepribadian untuk Siswa SD