Rencana Kerja Tahunan Sekolah
BAB I
PENDAHULUAN
A. TUJUAN DAN MANFAAT RENCANA KERJA TAHUNAN
SEKOLAH (RKTS)
Harus disadari bahwa untuk mencapai hasil
pendidikan yang bermutu sesuai harapan diperlukan pengelolaan yang baik. Agar
pengelolaan satuan pendidikan (Sekolah Dasar) bisa berjalan dengan semestinya,
maka perlu disusun Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS), yang bertujuan :
- Sebagai pengarah mau dibawa kemana satuan
pendidikan (SD) ini
- Sebagai pedoman oprasional sekolah
- Untuk menampung aspirasi dari pemangku kepentingan
di sekolah
- Untuk mengevaluasi apakah program/kegiatan
yang telah disusun sudah dilaksanakan dan tercapai sesuai rencana.
- Untuk merencanakan proram/ kegiatan tahun
berikutnya.
B. LANDASAN HUKUM
Pembinaan dan pengembangan Sekolah Dasar telah
dilakukan dengan berbagai cara oleh pemerintah dalam rangka upaya mencerdaskan
kehidupan bangsa. Hal ini sesuai dengan
:
1.
Undang-undang Republik
Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.
Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Dan
Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah
Pertama/Madrasah Tsanawiyah(SMP/MTS), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
(SMA/MA)
4.
Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan pendidikan
5.
Keputusan
Mendiknas Nomor 044/U/2002 Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.
6.
Kepmendiknas 129 a Tahun 2004
Tentang Standar Pelayanan Mimnimal Bidang Pendidikan
7.
Keputusan
Mendiknas RI nomor 087/U/2002 tentang Akreditasi Sekolah.
8.
Keputusan Kepala Kantor Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah Nomor 481/22522/2011, tentang Kalender
Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar
Efektif di Sekolah Tahun Pelajaran 2011/2012.
9.
Rapat
dewan guru Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 Kecamatan Paguyangan Kabupaten
Brebes tanggal 18 Juni 2011.
10.
Rapat
wali murid dengan Komite Sekolah tanggal 27 Juli 2011
BAB II
VISI,MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. VISI SEKOLAH :
” Terwujudnya Sekolah
Yang Berkualitas dan Berbudaya ”
B. MISI SEKOLAH :
1.
|
Menanamkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan
yang Maha Esa.
|
2.
|
Bermoral Pancasila.
|
3.
|
Menciptakan anak rajin belajar, gemar membaca
dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
4.
|
Menghargai keindahan dan hasil kerja keras.
|
5.
|
Terampil dan cerdas.
|
C. TUJUAN :
Sesuai dengan Visi dan Misi sekolah yang sudah
ditetapkan, Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 mempunyai tujuan sebagai berikut :
- Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 menjadi
pilihan masyarakat untuk membimbing putra putrinya agar menjadi generasi
yang berakhlak mulia
- Merupakan sarana untuk terbentuknya sumber
daya manusia yang tangguh dan siap menghadapi situasi kehidupan terkini.
- Menghasilkan lulusan yang intelektual dan
agamis
- Menjadikan
lingkungan sekolah yang berkualitas dan berbudaya sehingga
berdampak positif terhadap masyarakat sekitarnya
- Siswa kelas 6 lulus US/UN dan melanjutkan ke
SLTP yang dipilihnya.
BAB III
KEGIATAN STRATEGIS DAN OPERASIONAL
A. Sasaran :
Sebagai praktisi pendidikan Sekolah Dasar Negeri
Winduaji 06 dalam menyusun rencana kerja tahunan sekolah (RKTS) selalu mengacu
pada Visi, Misi dan Tujuan sekolah, maka sasaran yang ingin dicapai adalah :
- Meningkatkan
prestasi siswa
- Meningkatkan
kualitas/kompetensi guru
- Menumbuhkan
minat dan budaya baca
- Memenuhi
kebutuhan sarana dan prasarana
- Meningkatkan
minat terhadap seni dan budaya bersih, tertib dan Islami
- Meningkatkan
kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah
- Komite
sekolah dan orang tua murid berperan aktif mendukung kegiatan sekolah.
B. Program :
Dari
sasaran yang dirumuskan di atas, maka sekolah menyusun program sebagai berikut
:
1. Upaya untuk meningkatkan prestasi siswa:
1.1. Melaksanakan pembelajaran
sesuai jadwal
1.2. Melaksanakan pembelajaran berbasis
ICT yang interaktif
1.3. Mengadakan jam belajar
tambahan
1.4. Mengikuti lomba mata
pelajaran, dan popdaseni tingkat kecamatan
1.5. Mengikuti lomba cerdas
cermat antar SD tingkat gugus
1.6. Melaksanakan pembiasaan yang
menunjanng pembentukan karakter bangsa.
1.7. Diadakan tes harian, tengah
semester, tes semester, dan UAN
2. Untuk meningkatkan kompetensi guru :
2.1. Mengikuti KKG di tingkat Gugus
2.2. Mengikutkan guru pada
pelatihan dan seminar
2.3. Mengikutkan guru pada
pelatihan pembelajaran berbasis ICT
2.4. Menuntaskan penyetaraan
pendidikan ke jenjang S1
2.5. Memfasilitasi guru untuk dapat mengakses
internet.
3. Upaya menumbuhkan budaya baca :
3.1. Pengadaan buku bacaan
3.2. Memanfaatkan perpustakaan
dan pojok baca di tiap kelas
3.3. Lomba membaca dan mengarang
antar SD di tingkat gugus
3.4. Mengikuti lomba kaligrafi (BTA)
3.5. Mengikuti lomba sinopsis,
dan mengarang/menulis ceritra tingkat Kecamatan
4. Upaya memenuhi/melengkapi sarana dan prasarana
:
4.1. Mengajukan proposal tambahan
ruang multimedia
4.2. Mengajukan proposal sarana
multimedia (notebook, LCD Projector, printer)
4.3. Pengeramikan
halaman/lapangan upacara
4.4. Pembuatan gudang
4.5. Pengeramikan gedung
perpustakaan.
4.6. Pengadaan alat olah raga
5. Upaya meningkatkan minat dan budaya tertib,
cinta seni yang Islami :
5.1. Mengoptimalkan pelaksanaan
Tata Tertib Siswa dan Guru.
5.2. Mengoptimalkan pelaksanaan
tertib dalam berpakaian untuk siswa dan guru.
5.3 Pengenalan dan pembelajaran lagu-lagu
nasional, lagu d.erah dan lagu-lagu Islami.
5.3. Pembiasaan mengucap salam
dan bersalaman.
5.4. Pembiasaan berdoa sebelum
dan sesudah pelaksanaan pembelajaran
5.5. Pembiasaan menghafal
Surat-surat pendek Al Qur’an sebelum pembelajaran.
5.5. Menyelenggarakan latihan Qurban.
6. Upaya meningkatkan kebersihan lingkungan dan kesehatan
warga sekolah :
6.1. Penyediaan alat kebersihan,
tempat sampah organik dan non organik
6.2. Meningkatkan budaya buang
sampah pada tempatnya
6.3. Mengaktifkan petugas piket
murid tiap kelas dan piket guru.
6.4. Melaksanakan pengecatan ulang tembok sekolah
6.5. Lomba kelas bersih dan sehat
6.6. Dilaksanakan imunisasi secara rutin
6.4. Diadakan penimbangan dan pengukuran
berat/tinggi badan siswa
6.5. Pelatihan guru Pembina UKS dan dokter kecil
6.6. Pemeriksaan
kesehatan murid; mata, telinga, kulit dan sebagainya.
6.7. Dilaksanakan
senam masal tiap hari Jum’at pagi.
7. Upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat
dan komite sekolah :
7.1.
Menyusun dan melaksanakan jadwal pertemuan
7.2. Mengadakan musyawarah penetapan Rencana
Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah
7.3.
Kerja sama untuk memberi dorongan kepada siswa agar rajin sekolah dan
giat belajar
7.4.
Membantu program/kegiatan sekolah dalam hal pendanaan
C.
Indikator Keberhasilan :
- Nilai
ulangan harian, tengah semester, akhir semester maupun UAS/UN memenuhi
KKM/KKL.
- Setiap tahun prosentase kelulusan
tetap 100%
- Setiap
tahun semua 100% lulusan dapat melanjutkan ke SMP
- Tidak
ada siswa yang mengulang
- Anak
yang lamban bisa menyamai teman-temannya
- Anak
yang berkebutuhan khusus lulus sedia kala.
- Semua
guru memiliki basis pendidikan S1 Keguruan.
- Guru
telah memiliki kemampuan menyelenggarakan pembelajaran bermutu berrbasis
ICT yang interaktif..
- Semua
guru mendapat fasilitas untuk dapat mengakses internet untuk pembelajaran.
- Semua
guru telah dilatih memiliki kompetensi profesional sesuai dengan bidangnya
masing-masing.
- Lengkapnya
semua dokumen dan peralatan sekolah.
- Terpenuhinya
ruangan kelas dan mebeuler
- Tidak
ada siswa yang berebut tempat duduk
- Suasana
kelas nyaman.
- Alat-alat
olah raga dan kesenian dapat terpelihara
- Terciptanya
budaya bersi,budaya tertib,cinta seni dan gaya hidup Islami.
- Semua
siswa dapat mempergunakan buku pelajaran.
- Tersedianya
alat media pendidikan : notebook, LCD Projector, white board serta sarana
olah raga , kesenian dan keterampilan.
- Semua
ruangan sarana dan prasarana lainnya dalam kondisi baik.
- Semua
dana yang dibutuhkan dapat terpenuhi.
- Orang
tua dan komite ikut berperan aktif dalam mendukung kemajuan sekolah.
C. Penanggung Jawab
Dari semua kegiatan yang dirumuskan, maka
masing-masing penanggung jawabnya adalah sebagai berikut :
|
PROGRAM
|
PENANGGUNG
JAWAB
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Peningkatan prestasi siswa Peingkatan kualitas / kompetensi Guru
Menumbuhkan minat dan budaya baca
Memenuhi kebutuhan sarana & prasarana
Meningkatkan minat terhadap seni dan budaya bersih, tertib dan Islami Meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.
Komite sekolah dan orang tua murid berperan aktif mendukung kegiatan
sekolah
|
1. Kepala sekolah dan Guru
2. Kepala sekolah dan Guru
3. Kepala sekolah dan Guru
4. Kepala sekolah, Guru dan Komite
5. Kepala sekolah, Guru dan
penjaga
6. Kepala sekolah, Penjaga dan
Guru
7. Kepala sekolah, Guru dan Komite
|
Terima kasih sudah berbagi, sangat membantu sekali.
BalasHapusInformasi terkait kepala sekolah, guru dan wali kelas saya mendapatkannya lengkap disini http://gurukepsek.wordpress.com/.
Thanks
Semoga bermanfaat untuk kami. Makasih-makasih
BalasHapus