Jumat, 02 Maret 2012

Rencana Kerja Tahunan Sekolah




BAB I

PENDAHULUAN


A. TUJUAN DAN MANFAAT RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH (RKTS)
     
      Harus disadari bahwa untuk mencapai hasil pendidikan yang bermutu sesuai harapan diperlukan pengelolaan yang baik. Agar pengelolaan satuan pendidikan (Sekolah Dasar) bisa berjalan dengan semestinya, maka perlu disusun Rencana Kerja Tahunan Sekolah  (RKTS), yang bertujuan :

  1. Sebagai pengarah mau dibawa kemana satuan pendidikan (SD) ini
  2. Sebagai pedoman oprasional sekolah
  3. Untuk menampung aspirasi dari pemangku kepentingan di sekolah
  4. Untuk mengevaluasi apakah program/kegiatan yang telah disusun sudah dilaksanakan dan tercapai sesuai rencana.
  5. Untuk merencanakan proram/ kegiatan tahun berikutnya.


B.   LANDASAN HUKUM

      Pembinaan dan pengembangan Sekolah Dasar telah dilakukan dengan berbagai cara oleh pemerintah dalam rangka upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.  Hal ini sesuai dengan :
1.            Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.            Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.            Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah(SMP/MTS), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)
4.            Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan pendidikan
5.           Keputusan Mendiknas Nomor 044/U/2002 Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.
6.           Kepmendiknas  129 a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Mimnimal Bidang Pendidikan
7.            Keputusan Mendiknas RI nomor 087/U/2002 tentang Akreditasi Sekolah.
8.             Keputusan Kepala Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah Nomor 481/22522/2011, tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam  Belajar Efektif di Sekolah Tahun Pelajaran 2011/2012.
9.            Rapat dewan guru Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tanggal 18 Juni 2011.
10.        Rapat wali murid dengan Komite Sekolah tanggal 27 Juli 2011


































BAB II

VISI,MISI DAN TUJUAN SEKOLAH



A.   VISI SEKOLAH :

       ” Terwujudnya Sekolah Yang Berkualitas dan Berbudaya

B.   MISI SEKOLAH :

1.
Menanamkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.
2.
Bermoral Pancasila.
3.
Menciptakan anak rajin belajar, gemar membaca dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.
Menghargai keindahan dan hasil kerja keras.
5.
Terampil dan cerdas.


C.   TUJUAN :

      Sesuai dengan Visi dan Misi sekolah yang sudah ditetapkan, Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 menjadi pilihan masyarakat untuk membimbing putra putrinya agar menjadi generasi yang berakhlak mulia
  2. Merupakan sarana untuk terbentuknya sumber daya manusia yang tangguh dan siap menghadapi situasi kehidupan terkini.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis
  4. Menjadikan  lingkungan sekolah yang berkualitas dan berbudaya sehingga berdampak positif terhadap masyarakat sekitarnya
  5. Siswa kelas 6 lulus US/UN dan melanjutkan ke SLTP yang dipilihnya.







BAB III 

KEGIATAN STRATEGIS DAN OPERASIONAL 

A.   Sasaran :
      Sebagai praktisi pendidikan Sekolah Dasar Negeri Winduaji 06 dalam menyusun rencana kerja tahunan sekolah (RKTS) selalu mengacu pada Visi, Misi dan Tujuan sekolah, maka sasaran yang ingin dicapai adalah :
  1. Meningkatkan prestasi siswa
  2. Meningkatkan kualitas/kompetensi guru
  3. Menumbuhkan minat dan budaya baca
  4. Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana
  5. Meningkatkan minat terhadap seni dan budaya bersih, tertib dan Islami
  6. Meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah
  7. Komite sekolah dan orang tua murid berperan aktif mendukung kegiatan sekolah.

B.   Program :
      Dari sasaran yang dirumuskan di atas, maka sekolah menyusun program sebagai berikut :
1. Upaya untuk meningkatkan prestasi siswa:
    1.1.  Melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal
    1.2.  Melaksanakan pembelajaran berbasis ICT yang interaktif
    1.3.  Mengadakan jam belajar tambahan
    1.4.  Mengikuti lomba mata pelajaran, dan popdaseni tingkat kecamatan
    1.5.  Mengikuti lomba cerdas cermat antar SD tingkat gugus
    1.6.  Melaksanakan pembiasaan yang menunjanng pembentukan karakter bangsa.
    1.7.  Diadakan tes harian, tengah semester, tes semester, dan UAN

2. Untuk meningkatkan kompetensi guru :
    2.1.  Mengikuti KKG di tingkat Gugus
    2.2.  Mengikutkan guru pada pelatihan dan seminar
    2.3.  Mengikutkan guru pada pelatihan pembelajaran berbasis ICT
    2.4.  Menuntaskan penyetaraan pendidikan ke jenjang S1
    2.5.  Memfasilitasi guru untuk dapat mengakses internet.
3. Upaya menumbuhkan budaya baca :
    3.1.  Pengadaan buku bacaan
    3.2.  Memanfaatkan perpustakaan dan pojok baca di tiap kelas
    3.3.  Lomba membaca dan mengarang antar SD di tingkat gugus
    3.4.  Mengikuti lomba kaligrafi (BTA)
    3.5.  Mengikuti lomba sinopsis, dan mengarang/menulis ceritra tingkat Kecamatan

4. Upaya memenuhi/melengkapi sarana dan prasarana :
    4.1.  Mengajukan proposal tambahan ruang multimedia
    4.2.  Mengajukan proposal sarana multimedia (notebook, LCD Projector, printer)
    4.3.  Pengeramikan halaman/lapangan upacara
    4.4.  Pembuatan gudang
    4.5.  Pengeramikan gedung perpustakaan.
    4.6.  Pengadaan alat olah raga

5. Upaya meningkatkan minat dan budaya tertib, cinta seni yang Islami :
    5.1.  Mengoptimalkan pelaksanaan Tata Tertib Siswa dan Guru.
    5.2.  Mengoptimalkan pelaksanaan tertib dalam berpakaian untuk siswa dan guru.
    5.3 Pengenalan dan pembelajaran lagu-lagu nasional, lagu d.erah dan lagu-lagu Islami.
    5.3.  Pembiasaan mengucap salam dan bersalaman.
    5.4.  Pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran
    5.5.  Pembiasaan menghafal Surat-surat pendek Al Qur’an sebelum pembelajaran.
    5.5.  Menyelenggarakan latihan Qurban.
   
6. Upaya meningkatkan kebersihan lingkungan dan kesehatan warga sekolah :
    6.1.  Penyediaan alat kebersihan, tempat sampah organik dan non organik
    6.2.  Meningkatkan budaya buang sampah pada tempatnya
    6.3.  Mengaktifkan petugas piket murid tiap kelas dan piket guru.
6.4.  Melaksanakan pengecatan ulang tembok sekolah
6.5.  Lomba kelas bersih dan sehat
    6.6.  Dilaksanakan imunisasi secara rutin
6.4.  Diadakan penimbangan dan pengukuran berat/tinggi badan siswa
6.5.  Pelatihan guru Pembina UKS dan dokter kecil
   6.6.  Pemeriksaan kesehatan murid; mata, telinga, kulit dan sebagainya.
   6.7.  Dilaksanakan senam masal tiap hari Jum’at pagi.
7. Upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan komite sekolah :
   7.1.  Menyusun dan melaksanakan jadwal pertemuan
   7.2. Mengadakan musyawarah penetapan Rencana Anggaran Pendapatan  dan Belanja Sekolah
   7.3.  Kerja sama untuk memberi dorongan kepada siswa agar rajin sekolah dan giat belajar
   7.4.  Membantu program/kegiatan sekolah dalam hal pendanaan

C.    Indikator Keberhasilan :
  1. Nilai ulangan harian, tengah semester, akhir semester maupun UAS/UN memenuhi KKM/KKL.
  2. Setiap tahun prosentase kelulusan tetap 100%
  3. Setiap tahun semua 100% lulusan dapat melanjutkan ke SMP
  4. Tidak ada siswa yang mengulang
  5. Anak yang lamban bisa menyamai teman-temannya
  6. Anak yang berkebutuhan khusus lulus sedia kala.
  7. Semua guru memiliki basis pendidikan S1 Keguruan.
  8. Guru telah memiliki kemampuan menyelenggarakan pembelajaran bermutu berrbasis ICT yang interaktif..
  9. Semua guru mendapat fasilitas untuk dapat mengakses internet untuk pembelajaran.
  10. Semua guru telah dilatih memiliki kompetensi profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing.
  11. Lengkapnya semua dokumen dan peralatan sekolah.
  12. Terpenuhinya ruangan kelas dan mebeuler
  13. Tidak ada siswa yang berebut tempat duduk
  14. Suasana kelas nyaman.
  15. Alat-alat olah raga dan kesenian dapat terpelihara
  16. Terciptanya budaya bersi,budaya tertib,cinta seni dan gaya hidup Islami.
  17. Semua siswa dapat mempergunakan buku pelajaran.
  18. Tersedianya alat media pendidikan : notebook, LCD Projector, white board serta sarana olah raga , kesenian dan keterampilan.
  19. Semua ruangan sarana dan prasarana lainnya dalam kondisi baik.
  20. Semua dana yang dibutuhkan dapat terpenuhi.
  21. Orang tua dan komite ikut berperan aktif dalam mendukung kemajuan sekolah.

C.  Penanggung Jawab
      Dari semua kegiatan yang dirumuskan, maka masing-masing penanggung jawabnya adalah sebagai berikut :

          

PROGRAM
PENANGGUNG JAWAB
1. 
2. 
3.

4.

5. 

6. 

7. 


Peningkatan prestasi siswa Peingkatan kualitas / kompetensi Guru Menumbuhkan minat dan budaya baca
Memenuhi kebutuhan sarana & prasarana
Meningkatkan minat terhadap seni dan budaya bersih, tertib dan Islami Meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.
Komite sekolah dan orang tua murid berperan aktif mendukung kegiatan sekolah
1.  Kepala sekolah dan Guru
2.  Kepala sekolah dan Guru
3.  Kepala sekolah dan Guru

4.  Kepala sekolah, Guru dan Komite

5.  Kepala sekolah, Guru dan penjaga

6.  Kepala sekolah, Penjaga dan Guru
7.  Kepala sekolah, Guru dan Komite



1 komentar:

  1. Terima kasih sudah berbagi, sangat membantu sekali.
    Informasi terkait kepala sekolah, guru dan wali kelas saya mendapatkannya lengkap disini http://gurukepsek.wordpress.com/.
    Thanks

    BalasHapus

Pengikut