Format Penilaian Kepribadian untuk Siswa SD
1. Nama : __________________ 3. Kelas/Semester : __________________
2. No. Induk : __________________ 4. Tahun Pelajaran : __________________
2. No. Induk : __________________ 4. Tahun Pelajaran : __________________
KRITERIA NILAI KEPRIBADIAN
Hal
|
Indikator
|
Skor
Mak
|
Perolehan Nilai pada Bulan ke :
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Rt-2
|
|||
Kelakuan
|
1.
Hormat
kepada teman, patuh kepada guru dan orang lain.
|
20
|
|||||||
2.
Tidak
terlibat tindakan tercela (perkelahian, merokok, membawa senjata tajam dan
buku porno, dll.
|
10
|
||||||||
3.
Tdak
menyalahgunakan uang sekolah dan sarana sekolah.
|
10
|
||||||||
4.
Berbicara,
menyampaikan pendapat dengan sopan, mendengar nasehat orang lain dan
bertanggung jawab segala yang telah diperbuat.
|
10
|
||||||||
5.
Saling
mengasihi dan membantu kegiatan di sekolah dan menjaga kebersihan lingkungan
sekolah.
|
10
|
||||||||
6.
Mau
memaafkan kesalahan orang lain, dan tidak pernah berpura-pura.
|
5
|
||||||||
7.
Bersikap
tegar, tidak mengeluh, tidak cengeng dan mengucapkan terima kasih atas
kebaikan orang lain.
|
10
|
||||||||
8.
Memberi
kesempatan teman untuk melakukan yang baik.
|
5
|
||||||||
9.
Dapat
dipercaya baik perkataan maupun perbuatan.
|
10
|
||||||||
10. Memiliki sikap solidaritas, mematuhi tata
tertib, tidak putus asa dan mau mengatakan sebenarnya.
|
10
|
||||||||
Jumlah
|
100
|
Rata-rata Nilai Kelakuan
|
|||||||
Kualifikasi Nilai Kelakuan
|
Hal
|
Indikator
|
Skor
Mak
|
Perolehan Nilai pada Bulan ke :
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Rt-2
|
|||
Kerajinan
|
1.
Kehadiran
di sekolah dalam kegiatan belajar.
|
20
|
|||||||
2.
Mengerjakan
tugas sekolah, piket, dan lainnya.
|
10
|
||||||||
3.
Sering
bertanya, membaca dan memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan belajar.
|
10
|
||||||||
4.
Tidak
bosan dalam membaca, belajar, baik di rumah maupun di sekolah.
|
15
|
||||||||
5.
Aktif
mengikuti Kegiatan Upacara Bendera, Hari Besar, Pramuka dan kegiatan lainnya.
|
15
|
||||||||
6.
Menabung,
dan hemat menggunakan uang.
|
10
|
||||||||
7.
Semangat
dalam melakukan tugas, tidak mudah menyerah walaupun kesulitan.
|
10
|
||||||||
8.
Senang
menolong teman atau orang lain.
|
10
|
||||||||
Jumlah
|
100
|
Rata-rata Nilai Kerajinan
|
|||||||
Kualifikasi Nilai Kerajinan
|
Hal
|
Indikator
|
Skor
Mak
|
Perolehan Nilai pada Bulan ke :
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Rt-2
|
|||
Kerapian
|
1. Memakai seragam lengkap sesuai tata
tertib.
|
20
|
|||||||
2. Memakai pakaian dan berepatu bersih dan
rapi.
|
20
|
||||||||
3. Menjaga dan bertanggungjawab terhadap
kebersihan dan kerapian kelas.
|
10
|
||||||||
4. Membuang sampah dan sejenisnya pada
tempatnya.
|
10
|
||||||||
5. Tidak mencorat-coret tembok, buku dan
yang lainnya.
|
10
|
||||||||
6. Kerapian peralatan sekolah yang dimiliki.
|
10
|
||||||||
7. Menghias diri.
|
10
|
||||||||
8. Kerapian dalam menyelesaikan/mengerjakan
tugas.
|
10
|
||||||||
Jumlah
|
100
|
Rata-rata Nilai Kerapian
|
|||||||
Kualifikasi Nilai Kerapian
|
Rata-rata
Kelakuan + Rata-rata Kerajinan + Rata-rata Kerapian

3
..........+........... +..........

3
Orang Tua Siswa
......................................
|
.................,.............................
Guru Kelas
……………………………
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………………..
|
Keterangan Penilaian :
95 – 100 = A
(Amat Baik)
70 – 94 = B
(Baik)
60 – 69 = C
(Cukup)
0 – 59 = D
(Kurang)
ur blog is really nice and interesting, You have maintain it so beautifully that I truly like & enjoy it.Really a great post.I liked it and i will share it with others too.
BalasHapusPontiac 6000 AC Compressor
Maju terus guruku, jangan lelah tuk berjuang demi kemajuan negri ini, walaupun masa purna telah dekat, tapi pendidikan tetap ada dan harus selalu lebih maju.Saya kecewa dengan guru sudah mau purna, jiwa pendidiknya sudah sirna. padahal sertifikasi tak pernah nolak. Mari wahai guru semangatmu banyak dinanti.
BalasHapusmaju terus, sukses selalu teman-teman
BalasHapusterima kasih para guru
BalasHapus