Program Tahunan Kelas V Sekolah Dasar


PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN
:  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS
:  V ( LIMA )
TAHUN PELAJARAN
:  2012/2013
                      
SMT
NO.SK
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
KETERANGAN
1
1
1.1.Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik
      Indonesia.
8 jp

UH 2 jp
1.2.Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
      Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
6 jp
1.3.Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam
menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

4 jp

UH 2 jp
2
2.1.Menjelaskan pengertian pentingnya peraraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
6 jp



UH 2 jp
2.2.Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah,seperti pajak, anti korupsi,dan larangan merokok.

4 jp
2
3
3.1.Mendeskripsikan pengertian organisasi.
6 jp
UH 2 jp
3.2.Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
6 jp
3.3.Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.

8 jp
UH 2 jp
4
4.1.Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama   
6 jp
UH 2 jp
4.2.Mematuhi keputusan bersama

6 jp

JUMLAH

58 jp
8 jp


MATA PELAJARAN
: BAHASA INDONESIA
KELAS
:  V (LIMA)
TAHUN PELAJARAN
:  2012/2013
                                           
SMT
NO.SK
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
KETERANGAN
1
1
1.1.Menanggapi penjelasan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

10 jp

1.2.Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita
      rakyat yang didengarnya.

10 jp

2
2.1.Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa
      dan memberikan saran pemecahannya  dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa

6 jp

2.2.Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan
      dengan bahasa runtut,baik,dan benar.

8 jp

2.3.Berwawancara sederhana dengan nara        sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan,
      dll)dengan memperhatikan pilihan kata dan
      santun berbahasa.

6 jp

3
3.1.Membaca teks percakapan dengan lafal dan  
      intonasi yang tepat.

6 jp

3.2.Menemukan gagasan utama suatu teks yang
      dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit.

8 jp

3.3.Membaca puisi dengan lafal dan intonasi
      yang tepat.

6 jp

4
4.1.Menuliskan karangan berdasarkan pengala-
      man dengan memperhatikan pilihan kata dan
      penggunaan ejaan.

8 jp

4.2.Menulis surat undangan (ulang tahun,acara
      agama,kegiatan sekolah,kenaikan kelas,dll)
      dengan kalimat efektif dan memperhatikan
      penggunaan ejaan.

6 jp

4.3.Menulis dialog sederhana antara dua atau
     tiga  tokoh dengan memperhatikan isi serta
     peran nya.

6 jp

2
5
5.1.Menanggapi cerita tentang peristiwa yang
      terjadi di sekitar yang disampaikan secara
      lesan.
10 jp

5.2.Mengidentifikasi unsure cerita tokoh,tema,la-
      tar,amanat)

10 jp

6
6.1.Mengomentari persoalan faktual disertai
      alasan yang mendukung dengan
      memperhatikan pilihan kata dan santun
      berbahasa.

10 jp

6.2.Memerankan tokoh drama dengan lafal,into -
      nasi dan ekspresi yang tepat.

10 jp

7
7.1.Membandingkan isi dua teks yang dibaca de-
      ngan membaca sekilas.

6 jp

7.2.Menemukan informasi secara tepat dari
      berbagai teks khusus (buku petunjuk
      telepon,jadwal perjalanan,daftar susunan
     acara,daftar menu,dll) yang dilakukan melalui
     membaca memindai

8 jp

7.3.Menyimpulkan isi cerita anak dalam  
      beberapa kalimat.

6 jp

8
8.1.Meringkas isi buku yang dipilih sendiri
      dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

8 jp

8.2.Menulis laporan pengamatan atau kunjungan
      berdasarkan tahapan (catatan,konsep awal,
      perbaikan,final)dengan memperhatikan
      peng gunaan ejaan.

6 jp

8.3.Menulis puisi bebas dengan pilihan kata kata
      tepat.

6 jp


JUMLAH

160 jp
UH 20 jp

  
MATA PELAJARAN
:  MATEMATIKA
KELAS
:  V (LIMA)
TAHUN PELAJARAN
:  2012/2013
                        
  SMT
NO.SK
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
KETERANGAN
1
1
1.1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat terma -
      suk penggunaan sifat-sifatnya,pembulatan dan
      penaksiran.
10 jp

1.2.Menggunakan factor prima untuk menentukan
      KPK dan FPB.
5 jp

1.3.Melakukan operasi hitung campuran bilangan
      bulat.
5 jp

1.4.Menghitung perpangkatan dan akar sederhana.
10 jp

1.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
      operasi hitung,KPK dan FPB.
5 jp

2
2.1.Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan
      notasi 24 jam.
5 jp

2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu.
5 jp

2.3.Melakukan pengukuran sudut.
5 jp

2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan.
5 jp

2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
      waktu,jarak,dan kecepatan.
8 jp

3
3.1.Menghitung luas trapezium dan layang-layang.
5 jp

3.2.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
      luas bangun datar.
5 jp

4
4.1.Menghitung volume kubus dan balok.
5 jp

4.2.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
      volume kubus dan balok.
5 jp

2
5
5.1.Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desi -
      mal serta sebaliknya.
8 jp

5.2.Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai ben-
      tuk pecahan.
10 jp

5.3.Mengalikan dan membagi berbagai bentuk peca-
      han.
10 jp

5.4.Menggunakan pecahan dalam masalah perban -
      dingan dan skala.
10 jp

6
6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
7 jp

6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang.
8 jp

6.3.Menentukan jarring-jaring berbagai bangun se –
      derhana.
8 jp

6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri.
8 jp

6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
      bangun datar dan bangun ruang sederhana.
7 jp


JUMLAH

158 jp
20 jp
                 

MATA PELAJARAN
: ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS
: V (LIMA)
TAHUN PELAJARAN
: 2012/2013
                                             
          SMT
NO.SK
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
KETERANGAN
1
1
1.1.Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan
      manusia.

4 jp

1.2.Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan
      hewan,missal:ikan dan cacing tanah.

4 jp

1.3.Mengidentifikasi organ pencernaan manusia
      dan hubungannya dengan makanan dan
      kesehatan.

8 jp

1.4.Mengidentifikasikan organ peredaran darah
      manusia.

4 jp

1.5.Mengidentifikasi gangguan pada peredaran
      darah.

4 jp

2
2.1.Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau mem-
      buat makanan.

4 jp

2.2.Mendeskripsikan ketergantungan manusia
      dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai
      sumber makanan.

8 jp

3
3.1.Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan
      dan lingkungan tertentu untuk mempertahan-
      kan hidup.

8 jp

3.2.Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan
      dengan lingkungan untuk mempertahankan
      hidup.

8 jp

4
4.1.Mendeskripsikan hubungan antara sifat ba-
      han dengan penyusunannya misalnya be -
      nang,kain dan kertas.

4 jp

4.2.Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang pe-
      rubahan sifat benda,baik sementara maupun
      tetap.

8 jp

2
5
5.1.Mendeskripsikan hubungan antara gaya,ge -
      rak dan energi melalui percobaan (gaya
      magnet)

8 jp

5.2.Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat
      membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih
      cepat.
4 jp

6
6.1.Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

8 jp

6.2.Membuat suatu karya/model,misalnya peris-
      kop atau lensa dari bahan sederhana de -
      ngan menerapkan sifat-sifat cahaya

4 jp

7
7.1.Mendeskripsikan proses pembentukan tanah
      karena pelapukan.

8 jp

7.2.Mengidentifikasi jenis-jenis tanah

4 jp

7.3.Mendeskripsikan struktur tanah.

4 jp

7.4.Meendeskripsikan proses daur air dan kegia-
      tan dan kegiatan manusia yang dapat mem-
      pengaruhinya.

4 jp

7.5.Mendeskripsikan perlunya penghematan air.

4 jp

7.6.Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi
      di Indonesia dan dampaknya bagi mahluk hi-
      dup dan lingkungan.

8 jp

7.7.Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia
       yang dapat mengubah permukaan bumi
      (pertanian,perkotaan,dsb)

8 jp


JUMLAH

128 jp
16 jp


MATA PELAJARAN
:  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS
:  V (LIMA)
TAHUN PELAJARAN
:  2012/2013

SMT
NO.SK
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
KETERANGAN
1
1
1.1.Mengenal makna peninggalan-peninggalan
      sejarah yang berskala nasional dari masa
      Hindu,Budha dan Islam di Indonesia
6 jp


2 jp
1.2.Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada
      masa Hindu,Budha dan Islam di Indonesia
8 jp
1.3.Mengenal keragaman kenampakkan dan
      buatan serta pembagian wilayah waktu di
      Indonesia dengan menggunakan peta /
      globe/atlas dan media lainnya.
8 jp
2 jp
1.4.Menghargai keragaman suku bangsa dan
      bu daya di Indonesia
8 jp
2 jp
1.5.Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan
      ekonomi di Indonesia
8 jp
2 jp
2
2
2.1.Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pe-
      juang pada masa penjajahan Belanda dan
      Jepang.
10 jp
2 jp
2.2.Menghargai jasa dan peran tokoh pejuangan
      dalam mempersiapkan kemerdekaan
      Indonesia
10 jp
2 jp
2.3.Menghargai jasa dan peran tokoh dalam
      memproklamasikan kemerdekaan.
10 jp
2 jp
2.4.Menghargai perjuangan para tokoh dalam
      mempertahankan kemerdekaan.
10 jp
2 jp

JUMLAH

78 jp
16 jp

              
MATA PELAJARAN
:  SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN
KELAS
:  V (LIMA)
TAHUN PELAJARAN
:  2012/2013

SMT
NO.SK
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
KETERANGAN
1
1
1.1.Menjelaskan makna motif hias.
2 jp

1.2.Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya
      seni rupa Nusantara daerah setempat.
4 jp

1.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap
      keunikkan motif hias karya seni rupa
     nusantara daerah setempat.

4 jp

2
2.1.Mengapresiasikan diri melalui gambar
      dekoratif dengan motif hias Nuusantara.
2 jp

2.2.Mengapresiasikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.
4 jp

2.3.Membuat motif hias dasar jumputan pada kain.

4 jp

3
3.1.Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah nusantara.
2 jp

3.2.Menjelaskan makna ansambel sejenis.
4 jp

3.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik /lagu daerah Nusantara.

4 jp

4
4.1.Memainkan alat ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis.
6 jp

4.2.Mengadakan pementasan perpaduan musik,
      tari dan bahasa.

4 jp

5
5.1.Mengidentifikasi gerak,busana dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain.
2 jp

5.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikkan gerak,busana dan perlengkapan karya seni tari nusantara daerah lain.

6 jp

6
6.1.Menyiapkan peragaan tari daerah lain tanpa
      iringan.
6 jp

6.2.Memeragakan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan.

6 jp

7
7.1.Mendeskripsikan kesesuaian fungsi,kekuatan dan keindahan karya kerajinan meronce.
4 jp

7.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadapkarya         
      kerajinan meronce.

6 jp

8
8.1.Merancang karya kerajinan meronce.
2 jp

8.2.Membuat karya kerajinan meronce.
4 jp

8.3.Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali.
2 jp

8.4.Membuat benda permainan yang digerakkan
      dengan tali.

4 jp

2
9
9.1.Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya
      seni rupa Nusantara daerah setempat.
2 jp

9.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikkan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat.

4 jp

10
10.1.Membuat topeng secara kreatif dalam hal
        teknik dan bahan.
4 jp

10.2.Mengapresiasikan diri melalui gambar
       ilustrasi manusia dan kehidupannya.
4 jp

10.3.Menyiapkan karya seni rupa yang
       diciptakan untuk pameran kelas.
4 jp

10.4.Menata karya seni rupa yang diciptakan
        dalam bentuk pameran kelas/sekolah.

2 jp

11
11.1.Mengidentifikasi berbagai ragam lagu
        daerah Nusantara.
2 jp

11.2.Menjelaskan makna ansambel gabungan.
2 jp

11.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap
        berbagai musik/lagu wajib dan daerah
        Nusantara.

6 jp

12
12.1.Memainkan alat musik ritmis dan melodis
        sederhana dalam bentuk ansambel
        gabungan.
4 jp

12.2.Menyiapkan pertunjukkan lagu daerah Nu -
        santara dengan iringan sederhana untuk di-
        pentaskan di kelas atau sekolah.
4 jp

12.3.Mementaskan pertunjukkan lagu daerah
        Nusantara dengan iringan sederhana di
        Kelas atau sekolah.

4 jp

13
13.1.Mengidentifikasi gerak,busana dan
        perlengkapan seni tari Nusantara daerah
        lain.
4 jp

13.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap
        keunikkan gerak,busana dan perlengkapan
        karya seni tari Nusantara daerah lain.
4 jp

13.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap
        simbol yang terkandng dalam karya seni
        tari Nusantara daerah lain.
4 jp

14
14.1.Menyiapkan penyajian tari Nusantara
        daerah lain dengan iringan.
4 jp

14.2.Menyajikan tari Nusantara daerah lain
        dengan iringan.
2 jp

14.3.Mengadakan pementasan perpaduan seni
        musik dan seni tari.
2 jp

15
15.1.Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, 
        kekuatan dan keindahan karya kerajinan
        makramé.
4 jp

15.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap
        karya kerajinan makramé.

2 jp

16
16.1.Merancang karya kerajinan macramé.
2 jp

16.2.Membuat karya kerajinan macramé.
4 jp

16.3.Merancang benda permainan yang
        digerakkan dengan tali.
2 jp

16.4.Membuat benda permainan yang
        digerakkan dengan tali.

4 jp


JUMLAH

88 jp
16 jp


           


Komentar

  1. ini membantu sekali kepada setiap guru-guru yang mengajar di madrasah manapun di seluruh indonesia ...... Allahu Akbar !!!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus Bahasa Jawa Kelas VI

Program Penjaga Sekolah

Format Penilaian Kepribadian untuk Siswa SD