Program Tahunan Kelas V Sekolah Dasar
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
|
: PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
|
KELAS
|
: V ( LIMA )
|
TAHUN
PELAJARAN
|
: 2012/2013
|
SMT
|
NO.SK
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
1
|
1.1.Mendeskripsikan Negara
Kesatuan Republik
Indonesia.
|
8 jp
|
UH 2 jp
|
1.2.Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik
|
6
jp
|
|||
1.3.Menunjukkan
contoh-contoh perilaku dalam
menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
4
jp
|
UH
2 jp
|
||
2
|
2.1.Menjelaskan pengertian
pentingnya peraraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah
|
6
jp
|
UH
2 jp
|
|
2.2.Memberikan contoh
peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah,seperti pajak, anti korupsi,dan
larangan merokok.
|
4 jp
|
|||
2
|
3
|
3.1.Mendeskripsikan pengertian organisasi.
|
6
jp
|
UH
2 jp
|
3.2.Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah
dan masyarakat.
|
6
jp
|
|||
3.3.Menampilkan peran serta
dalam memilih organisasi di sekolah.
|
8
jp
|
UH
2 jp
|
||
4
|
4.1.Mengenal bentuk-bentuk
keputusan bersama
|
6 jp
|
UH 2 jp
|
|
4.2.Mematuhi keputusan bersama
|
6
jp
|
|||
JUMLAH
|
58 jp
|
8 jp
|
MATA PELAJARAN
|
: BAHASA INDONESIA
|
KELAS
|
: V (LIMA)
|
TAHUN
PELAJARAN
|
: 2012/2013
|
SMT
|
NO.SK
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
1
|
1.1.Menanggapi penjelasan nara sumber (petani, pedagang,
nelayan, dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
|
10
jp
|
|
1.2.Mengidentifikasi unsure cerita tentang cerita
rakyat yang didengarnya.
|
10 jp
|
|||
2
|
2.1.Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa
dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun
berbahasa
|
6
jp
|
||
2.2.Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan
dengan bahasa runtut,baik,dan
benar.
|
8 jp
|
|||
2.3.Berwawancara sederhana
dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan,
dll)dengan
memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa.
|
6
jp
|
|||
3
|
3.1.Membaca
teks percakapan dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
|
6
jp
|
||
3.2.Menemukan gagasan utama suatu teks yang
dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit.
|
8 jp
|
|||
3.3.Membaca puisi dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
|
6
jp
|
|||
4
|
4.1.Menuliskan karangan berdasarkan pengala-
man dengan memperhatikan
pilihan kata dan
penggunaan
ejaan.
|
8
jp
|
||
4.2.Menulis surat undangan (ulang tahun,acara
agama,kegiatan sekolah,kenaikan kelas,dll)
dengan
kalimat efektif dan memperhatikan
penggunaan ejaan.
|
6
jp
|
|||
4.3.Menulis dialog sederhana antara dua atau
tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta
peran nya.
|
6 jp
|
|||
2
|
5
|
5.1.Menanggapi cerita tentang peristiwa yang
terjadi di sekitar yang
disampaikan secara
lesan.
|
10 jp
|
|
5.2.Mengidentifikasi unsure cerita tokoh,tema,la-
tar,amanat)
|
10
jp
|
|||
6
|
6.1.Mengomentari persoalan faktual disertai
alasan yang mendukung dengan
memperhatikan pilihan kata
dan santun
berbahasa.
|
10 jp
|
||
6.2.Memerankan tokoh drama dengan lafal,into -
nasi dan ekspresi yang tepat.
|
10 jp
|
|||
7
|
7.1.Membandingkan
isi dua teks yang dibaca de-
ngan membaca sekilas.
|
6
jp
|
||
7.2.Menemukan informasi secara tepat dari
berbagai teks khusus (buku
petunjuk
telepon,jadwal
perjalanan,daftar susunan
acara,daftar menu,dll) yang dilakukan
melalui
membaca memindai
|
8 jp
|
|||
7.3.Menyimpulkan isi cerita anak dalam
beberapa kalimat.
|
6
jp
|
|||
8
|
8.1.Meringkas isi buku yang dipilih sendiri
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
|
8
jp
|
||
8.2.Menulis
laporan pengamatan atau kunjungan
berdasarkan tahapan (catatan,konsep awal,
perbaikan,final)dengan memperhatikan
peng gunaan ejaan.
|
6
jp
|
|||
8.3.Menulis puisi bebas dengan pilihan kata kata
tepat.
|
6
jp
|
|||
JUMLAH
|
160 jp
|
UH 20 jp
|
MATA PELAJARAN
|
: MATEMATIKA
|
KELAS
|
: V (LIMA)
|
TAHUN PELAJARAN
|
: 2012/2013
|
SMT
|
NO.SK
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
1
|
1.1.Melakukan operasi hitung
bilangan bulat terma -
suk penggunaan
sifat-sifatnya,pembulatan dan
penaksiran.
|
10
jp
|
|
1.2.Menggunakan factor prima
untuk menentukan
KPK dan FPB.
|
5 jp
|
|||
1.3.Melakukan operasi hitung
campuran bilangan
bulat.
|
5 jp
|
|||
1.4.Menghitung perpangkatan
dan akar sederhana.
|
10 jp
|
|||
1.5.Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
operasi hitung,KPK dan FPB.
|
5 jp
|
|||
2
|
2.1.Menuliskan tanda waktu
dengan menggunakan
notasi 24 jam.
|
5 jp
|
||
2.2.Melakukan operasi hitung
satuan waktu.
|
5 jp
|
|||
2.3.Melakukan pengukuran sudut.
|
5
jp
|
|||
2.4.Mengenal satuan jarak
dan kecepatan.
|
5 jp
|
|||
2.5.Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
waktu,jarak,dan kecepatan.
|
8 jp
|
|||
3
|
3.1.Menghitung luas trapezium
dan layang-layang.
|
5 jp
|
||
3.2.Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
luas bangun datar.
|
5 jp
|
|||
4
|
4.1.Menghitung volume kubus dan balok.
|
5
jp
|
||
4.2.Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
volume kubus dan balok.
|
5 jp
|
|||
2
|
5
|
5.1.Mengubah pecahan ke
bentuk persen dan desi -
mal serta sebaliknya.
|
8
jp
|
|
5.2.Menjumlahkan dan
mengurangkan berbagai ben-
tuk pecahan.
|
10
jp
|
|||
5.3.Mengalikan dan membagi
berbagai bentuk peca-
han.
|
10
jp
|
|||
5.4.Menggunakan pecahan
dalam masalah perban -
dingan dan skala.
|
10
jp
|
|||
6
|
6.1.Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar
|
7 jp
|
||
6.2.Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun ruang.
|
8 jp
|
|||
6.3.Menentukan
jarring-jaring berbagai bangun se –
derhana.
|
8
jp
|
|||
6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan
simetri.
|
8
jp
|
|||
6.5.Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
bangun datar dan bangun ruang
sederhana.
|
7 jp
|
|||
JUMLAH
|
158 jp
|
20 jp
|
MATA PELAJARAN
|
: ILMU PENGETAHUAN ALAM
|
KELAS
|
: V (LIMA)
|
TAHUN PELAJARAN
|
: 2012/2013
|
SMT
|
NO.SK
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
1
|
1.1.Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan
manusia.
|
4
jp
|
|
1.2.Mengidentifikasi fungsi
organ pernapasan
hewan,missal:ikan dan cacing tanah.
|
4 jp
|
|||
1.3.Mengidentifikasi organ
pencernaan manusia
dan hubungannya dengan makanan dan
kesehatan.
|
8
jp
|
|||
1.4.Mengidentifikasikan organ peredaran darah
manusia.
|
4
jp
|
|||
1.5.Mengidentifikasi gangguan pada peredaran
darah.
|
4
jp
|
|||
2
|
2.1.Mengidentifikasi cara
tumbuhan hijau mem-
buat
makanan.
|
4
jp
|
||
2.2.Mendeskripsikan
ketergantungan manusia
dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai
sumber
makanan.
|
8
jp
|
|||
3
|
3.1.Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan
dan
lingkungan tertentu untuk mempertahan-
kan hidup.
|
8
jp
|
||
3.2.Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan
dengan
lingkungan untuk mempertahankan
hidup.
|
8
jp
|
|||
4
|
4.1.Mendeskripsikan hubungan
antara sifat ba-
han dengan penyusunannya misalnya be -
nang,kain
dan kertas.
|
4 jp
|
||
4.2.Menyimpulkan hasil
penyelidikan tentang pe-
rubahan sifat benda,baik sementara
maupun
tetap.
|
8
jp
|
|||
2
|
5
|
5.1.Mendeskripsikan hubungan
antara gaya,ge -
rak dan energi melalui percobaan (gaya
magnet)
|
8 jp
|
|
5.2.Menjelaskan pesawat
sederhana yang dapat
membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih
cepat.
|
4
jp
|
|||
6
|
6.1.Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
|
8
jp
|
||
6.2.Membuat suatu
karya/model,misalnya peris-
kop atau lensa dari bahan sederhana de
-
ngan
menerapkan sifat-sifat cahaya
|
4
jp
|
|||
7
|
7.1.Mendeskripsikan proses pembentukan tanah
karena
pelapukan.
|
8
jp
|
||
7.2.Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
4
jp
|
|||
7.3.Mendeskripsikan struktur tanah.
|
4
jp
|
|||
7.4.Meendeskripsikan proses
daur air dan kegia-
tan dan kegiatan manusia yang dapat
mem-
pengaruhinya.
|
4
jp
|
|||
7.5.Mendeskripsikan perlunya penghematan air.
|
4
jp
|
|||
7.6.Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi
di
Indonesia dan dampaknya bagi mahluk hi-
dup
dan lingkungan.
|
8
jp
|
|||
7.7.Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi
(pertanian,perkotaan,dsb)
|
8
jp
|
|||
JUMLAH
|
128 jp
|
16 jp
|
MATA PELAJARAN
|
: ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
|
KELAS
|
: V (LIMA)
|
TAHUN PELAJARAN
|
: 2012/2013
|
SMT
|
NO.SK
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
1
|
1.1.Mengenal makna
peninggalan-peninggalan
sejarah yang berskala nasional dari
masa
Hindu,Budha dan Islam di Indonesia
|
6 jp
|
2 jp
|
1.2.Menceritakan tokoh-tokoh
sejarah pada
masa Hindu,Budha dan Islam di Indonesia
|
8 jp
|
|||
1.3.Mengenal keragaman
kenampakkan dan
buatan
serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta /
globe/atlas dan media lainnya.
|
8 jp
|
2 jp
|
||
1.4.Menghargai keragaman
suku bangsa dan
bu daya
di Indonesia
|
8
jp
|
2
jp
|
||
1.5.Mengenal jenis-jenis
usaha dan kegiatan
ekonomi
di Indonesia
|
8
jp
|
2
jp
|
||
2
|
2
|
2.1.Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pe-
juang pada masa penjajahan Belanda dan
Jepang.
|
10
jp
|
2
jp
|
2.2.Menghargai jasa dan peran tokoh pejuangan
dalam
mempersiapkan kemerdekaan
|
10
jp
|
2
jp
|
||
2.3.Menghargai jasa dan
peran tokoh dalam
memproklamasikan
kemerdekaan.
|
10
jp
|
2
jp
|
||
2.4.Menghargai perjuangan
para tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan.
|
10 jp
|
2 jp
|
||
JUMLAH
|
78 jp
|
16 jp
|
MATA PELAJARAN
|
: SENI BUDAYA
DAN KETRAMPILAN
|
KELAS
|
: V (LIMA)
|
TAHUN PELAJARAN
|
: 2012/2013
|
SMT
|
NO.SK
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
1
|
1.1.Menjelaskan makna motif hias.
|
2
jp
|
|
1.2.Mengidentifikasi jenis
motif hias pada karya
seni rupa Nusantara daerah setempat.
|
4 jp
|
|||
1.3.Menampilkan sikap
apresiatif terhadap
keunikkan motif hias karya seni rupa
nusantara daerah
setempat.
|
4
jp
|
|||
2
|
2.1.Mengapresiasikan diri
melalui gambar
dekoratif dengan motif hias Nuusantara.
|
2 jp
|
||
2.2.Mengapresiasikan diri melalui gambar
ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.
|
4 jp
|
|||
2.3.Membuat motif hias dasar jumputan pada kain.
|
4
jp
|
|||
3
|
3.1.Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah nusantara.
|
2
jp
|
||
3.2.Menjelaskan makna ansambel sejenis.
|
4
jp
|
|||
3.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik /lagu daerah
Nusantara.
|
4
jp
|
|||
4
|
4.1.Memainkan alat ritmis dan melodis sederhana
dalam bentuk ansambel sejenis.
|
6 jp
|
||
4.2.Mengadakan pementasan perpaduan musik,
tari
dan bahasa.
|
4
jp
|
|||
5
|
5.1.Mengidentifikasi gerak,busana dan perlengkapan
seni tari Nusantara daerah lain.
|
2 jp
|
||
5.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikkan
gerak,busana dan perlengkapan karya seni tari nusantara daerah lain.
|
6 jp
|
|||
6
|
6.1.Menyiapkan peragaan tari
daerah lain tanpa
iringan.
|
6
jp
|
||
6.2.Memeragakan tari Nusantara daerah lain tanpa
iringan.
|
6 jp
|
|||
7
|
7.1.Mendeskripsikan kesesuaian fungsi,kekuatan dan keindahan karya kerajinan meronce.
|
4 jp
|
||
7.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadapkarya
kerajinan
meronce.
|
6
jp
|
|||
8
|
8.1.Merancang karya kerajinan meronce.
|
2
jp
|
||
8.2.Membuat karya kerajinan meronce.
|
4 jp
|
|||
8.3.Merancang benda permainan yang digerakkan
dengan tali.
|
2 jp
|
|||
8.4.Membuat benda permainan
yang digerakkan
dengan tali.
|
4 jp
|
|||
2
|
9
|
9.1.Mengidentifikasi jenis
motif hias pada karya
seni rupa Nusantara daerah setempat.
|
2 jp
|
|
9.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikkan
motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat.
|
4 jp
|
|||
10
|
10.1.Membuat topeng secara kreatif dalam hal
teknik
dan bahan.
|
4
jp
|
||
10.2.Mengapresiasikan diri melalui gambar
ilustrasi manusia dan
kehidupannya.
|
4
jp
|
|||
10.3.Menyiapkan karya seni rupa yang
diciptakan untuk pameran kelas.
|
4 jp
|
|||
10.4.Menata karya seni rupa yang diciptakan
dalam
bentuk pameran kelas/sekolah.
|
2 jp
|
|||
11
|
11.1.Mengidentifikasi berbagai ragam lagu
daerah Nusantara.
|
2
jp
|
||
11.2.Menjelaskan makna ansambel gabungan.
|
2
jp
|
|||
11.3.Menampilkan sikap apresiatif terhadap
berbagai musik/lagu wajib dan daerah
Nusantara.
|
6
jp
|
|||
12
|
12.1.Memainkan alat musik ritmis dan melodis
sederhana dalam bentuk ansambel
gabungan.
|
4 jp
|
||
12.2.Menyiapkan pertunjukkan
lagu daerah Nu -
santara dengan iringan sederhana
untuk di-
pentaskan
di kelas atau sekolah.
|
4
jp
|
|||
12.3.Mementaskan
pertunjukkan lagu daerah
Nusantara dengan iringan sederhana di
Kelas atau
sekolah.
|
4
jp
|
|||
13
|
13.1.Mengidentifikasi
gerak,busana dan
perlengkapan seni tari Nusantara
daerah
lain.
|
4 jp
|
||
13.2.Menampilkan sikap
apresiatif terhadap
keunikkan gerak,busana dan
perlengkapan
karya seni tari Nusantara daerah lain.
|
4 jp
|
|||
13.3.Menampilkan sikap
apresiatif terhadap
simbol yang terkandng dalam karya
seni
tari Nusantara
daerah lain.
|
4
jp
|
|||
14
|
14.1.Menyiapkan penyajian tari Nusantara
daerah lain dengan iringan.
|
4
jp
|
||
14.2.Menyajikan tari
Nusantara daerah lain
dengan iringan.
|
2 jp
|
|||
14.3.Mengadakan pementasan
perpaduan seni
musik dan seni tari.
|
2 jp
|
|||
15
|
15.1.Mendeskripsikan kesesuaian fungsi,
kekuatan
dan keindahan karya kerajinan
makramé.
|
4
jp
|
||
15.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap
karya kerajinan makramé.
|
2
jp
|
|||
16
|
16.1.Merancang karya kerajinan macramé.
|
2
jp
|
||
16.2.Membuat karya kerajinan macramé.
|
4
jp
|
|||
16.3.Merancang benda
permainan yang
digerakkan
dengan tali.
|
2
jp
|
|||
16.4.Membuat benda permainan
yang
digerakkan dengan tali.
|
4 jp
|
|||
JUMLAH
|
88 jp
|
16 jp
|
ini membantu sekali kepada setiap guru-guru yang mengajar di madrasah manapun di seluruh indonesia ...... Allahu Akbar !!!!!
BalasHapus